KISI-KISI USEK TAHUN 2015-2016
PKn SMP
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
JENIS SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : PKn
KURIKULUM : 2006
ALOKASI WAKTU : 90
MENIT
JUMLAH SOAL : 50 PILIHAN GANDA
PENYUSUN : MGMP PKn
No
|
Standart Kelulusan {SKL}
|
Standart Kompetensi/
Kompetensi dasar
|
Kelas / Semester
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Nomor soal
|
|
1
|
Menunjukkan sikap positif
terhadap norma-norma yang
berlaku daslam kehidupan bermasyarakat berbangsa dasn bernegara
|
1.
Mendeskripsikan
hakekat norma-norma, kebiasaan, adat-istiadat, peraturan yang berlaku dalam
masyarakat
|
VII/ 1
|
1.
Hakekat
norma yang berlaku dalam masyarakat
|
1.
Menjelaskan hakekat norma masyarakat
|
1
|
|
2
|
Menunjukkan sikap positif
terhadap norma-norma yang
berlaku daslam kehidupan bermasyarakat berbangsa dasn bernegara
|
2.
Menerapkan norma-norma,
kebiasaan, adat istiadat, dan peratuarn yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernagara
|
VII/ 1
|
2.
Penerapan norma-norma,
kebiasaan, adat istiadat, dan peratuarn yang ebrlaku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernagara
|
2.
Menyebutkan contoh penerapan norma-norma dalam
masyarakat
|
2
|
|
3
|
Mendeskripsikan
makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi pertama
|
3.
Mendeskripsikan suasana kebatinan Konstitusi
pertama
|
VII/ 2
|
3.
Suasana
kebatinan Konstitusi pertama
|
3.
Menjelaskan latar belakang perumusan UUD 1945
(Kostitusi pertama)
|
3
|
|
4
|
Menampilkan sikap
positif terhadap perlindungan dan penegakan HAM
|
4.
Menguraikan hakekat hukum dan kelembagaan HAM
|
VII/ 2
|
4.
Perlindungan
dan penegakan HAM
|
4.
Mendeskripsikan hakekat HAM
|
4
|
|
5
|
Menampilkan perilaku kemerdekaan
mengemukakan pendapat
|
5.
Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat
secara bebas dan bertanggung jawab
|
VII/ 2
|
5.
Tata
cara mengemukakan pendapat di muka umum
|
5.
Menyebutkan beberapa contoh cara mengemukakan
pendapat di muka umum
|
5
|
|
6
|
Menampilkan
Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
6.
Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan Ideologi negara
|
VIII/ 1
|
6.
Pancasila
sebagai dasar negara dan Ideologi negara
|
6.
Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
|
6
|
|
7
|
Memahami berbagai Konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
|
7.
Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah
berlaku di Indonesia
|
VIII/ 1
|
7.
Sejarah
perkembangan UUD 1945
|
7.
Menyebutkan konstitusi yang pernah berlaku di
Inonesia
|
7
|
|
No
|
Standart Kelulusan {SKL}
|
Standart Kompetensi/
Kompetensi dasar
|
Kelas / Semester
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Nomor soal
|
|
8
|
Menampilkan ketaatan terhadap peraturan
perundang-undangan nasional
|
8.
Mengidentifikasi tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
|
VIII/ 1
|
8.
Peraturan
perundang-undangan nasional ( UU No. 12 Tahun 2011 )
|
8.
Mengidentifikasi tata urutan peraturan
perundan-undangan Indonesia sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2011
|
8
|
|
9
|
Menampilkan ketaatan terhadap peraturan
perundang-undangan nasional
|
9.
Mendeskripsikan
proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional
|
VIII/ 1
|
9.
Proses
pembuatan peraturan perundang-undangan nasional
|
9.
Menjelaskan proses pembuatan
peraturan perundang-undangan
nasional
|
9
|
|
10
|
Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai
aspek kehidupan
|
10. Menunjukkan sikap positif terhadap
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
|
VIII/ 2
|
10. Demokrasi dalam berbagai
aspek
|
10. Menampilkan sikap demokratis dalam
kehidupan bermasyarakat
|
10
|
|
11
|
Memahami
kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia
|
11. Mendeskripsikan sistem pemerintahan dan
peran lembaga-lembaga negara
|
VIII/ 2
|
11. Kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan negara
Indonesia
|
11. Menjelaskan sistem pemerintahan
Indonesia
|
11
|
|
12
|
Menampilkan
Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
|
12. Meneskripsikan pengertaian anti Korupsi dan
Instrumen anti Korupsi di Indonesia
|
VIII/ 2
|
12. Anti korupsi dan Instrumen
anti korupsi di Indonesia
|
12. Menjelaskan tujuan pembentukan
KPK
|
12
|
|
13
|
Menampilkan partisipasi dalam usaha
pembelaan negara
|
13.1.Menjelaskan pentingnya
usaha pembelaan negara
|
IX/ 1
|
13.1.1. Pengertian negara
13.1.2. Unsur-Unsur negara
13.1.3. Sifat-sifat negara
13.1.4. Fungsi negara
13.1.5. Pentingnya bela negara
bagi warga negara
|
13.1.1.1. Menyebutkan ciri-ciri negara
13.1.2.1. Menguraikan unsur-unsur
negara
13.1.3.1. Menjelaskan sifat-sifat negara
13.1.4.1.
Mendeskripsikan fungsi negara
13.1.5.1.
Mendeskripsikan fungsi neagara
|
13
14,15
16
17
18
|
|
|
13.2.Mengidentifikasi bentuk-
bentuk useha pembelaan
negara
|
IX/ 1
|
13.2.1. Bentuk-bentuk usaha
pembelaan negara
|
13.2.1.1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara
|
19,20,21
|
||
|
13.3.Menampilkan peran serta
dalam usaha pembelaan
negara
|
IX/ 1
|
13.3.1. Peran serta dalam usaha
pembelaan negara
|
13.3.1.1. Menyebutkan satu contoh
partisipasi langsung dalam
kegiatan bel negara di
lingkungan
sekolah
|
22
|
||
No
|
Standart Kelulusan {SKL}
|
Standart Kompetensi/
Kompetensi dasar
|
Kelas / Semester
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Nomor soal
|
|
IX/ 1
|
13.3.2. Peran serta dalam usaha
pembelaan negara
|
13.3.1.2. Menentukan sikap terhadap
fihak tertentu yang yang ingin
menghancurkan NKRI
|
23,24
|
||
14
|
Memahami
Pelaksanaan Otonomi Daerah
|
14.1. Mendeskripsikan
pengertian Otonomi Daerah
|
IX/ 1
|
14.1.1. Pengertian Otonomi
Daerah
|
14.1.1.1. Menjelaskan Pengertian
Otonomi Daerah
|
25
|
|
|
14.1.2. Tujuan Otonomi Daerah
|
14.1.2.1. Menjelaskan Tujuan otonomi
Daerah
|
26
|
||
|
|
14.1.3. Prinsip otonomi Daerah
|
14.1.3.1. Menjelaskan Prinsip Otonomi
Daerah
|
27
|
||
|
14.2. Menjelaskan pentingnya
partisipasi masyarakat
dalam perumusan kebijakan
publik di daerah
|
IX/ 1
|
14.2.1. Pengertian Kebijakan
Publik
14.2.2. Partisipasi masyarakat
dalam perumusan
kebijakan publik di daerah
|
14.2.1.1. Menjelaskan pengertian
kebijakan publik
14.2.2.1. Menunjukkan partisipasi
masyarakat dalam perumusan
dan pelaksanaan kebijakan publik
14.2.2.2.Menyebutkan contoh partisipasi
masyarakat dalam perumusan
kebijakan publik
|
28
29
30
|
|
15
|
Menunjukkan
Sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
|
15.1. Menjelaskan pengertian
dan pentingnya globalisasi
bagi Indonesia
|
IX/ 2
|
15.1.1. Globalisasi bagi bangsa
Indonesia
15.1.2. Ciri-ciri Globalisasi
|
15.1.1.1. Menjelaskan arti pentingnya
globalisasi bagi Indonesia
15.1.2.1. Menjelaskan ciri-ciri globalisasi
|
31,32
33
|
|
15.2. Mendeskripsikan politik luar
negeri dalam hubungan
internasional
di era global
|
IX/ 2
|
15.2.1.
Politik luar negeri dan
hubungan internasional
|
15.2.1.1.Menjelaskan pengertian politik
luar negeri
15.2.1.2.Menjelaskan politik luar
negeri
Indonesia
|
34
35
|
|
|
15.3.
Mendeskripsikan dampak globalisasi
terhadap kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara
|
IX/ 2
|
15.3.1.
Dampak globalisasi
|
15.3.1.1. Menjelaskan dampak globalisasi di berbagai
bidang
|
38,39
|
|
|
15.4.
Menentukan sikap terhadap
dampak globalisasi
|
IX/ 2
|
15.4.1.
Sikap terhadap Globalisasi
|
15.4.1.1. Menunjukkan sikap terhadap dampak globalisasi
|
40
|
|
16
|
Memahami prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
16.1.Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
|
IX/ 2
|
16.1.1.
Prestasi diri bagi
keunggulan bangsa
|
16.1.1.1.
Menjelaskan
pengertian prestasi diri
|
41,42
|
|
16.2.Mengenal potensi untuk berprestasi sesuai kemampuan
|
IX/ 2
|
16.2.1.
Potensi diri untuk
berprestasi sesuai kemampuan
|
16.2.1.1. Mengidentifikasi potensi diri
16.2.1.2. Menjelaskan pentingnya
menggali potensi diri
|
43,44,
45,46, 47
|
|
|
16.3.Menampilkan peran serta dalam berbagai aktifitas untuk
mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
IX/ 2
|
16.3.1.
Peran serta dalam
berbagai aktifitas untuk ewujudkan
|
16.3.1.1. Menunjukkan peran serta
berbagai aktivitas dimasyarakat
|
48,49,50
|
Kediri, Maret
2016
TIMBANG PKn/PPKn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar