Total Tayangan Halaman

Selasa, 17 Maret 2015

BAHAN UAS KLS 9 SMT GENAP
DIPELAJARI YA......

STANDAR KOMPETENSI
4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

KOMPETENSI DASAR
4.1. Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
4.2. Mengenal potensi untuk berprestasi sesuai kemampuan
4.3. Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk menampilkan prestasi diri yang sesuai
       kemampuan demi keunggulan bangsa.
INDIKATOR
4.1.1. Menjelaskan pengertian prestasi diri
4.1.2. Menjelaskan bentuk-bentuk prestasi diri
4.1.3. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi
4.1.4. Menjelaskan pentingnya prestasi diri
4.1.5. Menjelaskan usaha-usaha untuk berprestasi
4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri masing-masing
4.2.2. Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri
4.3.1. Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
          keunggulan bangsa.

I.      Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.     Kita harus mampu mempertahankan hidup dan kehidupan. Kita harus menjadikan hidup lebih bermakna. Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, setiap manusia harus berprestasi. Arti penting prestasi diri bagi seseorang adalah ….
a.     Prestasi selalu menghasilkan keuntungan material bagi seseorang
b.    Prestasi dapat menumbuhkan keinginan untuk selalu mengalahkan orang lain
c.     Dengan prestasi yang tinggi, seseorang akan mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin
d.    Dengan prestasi, seseorang akan selalu mendapatkan pujian dari orang lain
2.     Setiap manusia memiliki prestasi sesuai dengan kemampuan masing-masing prestasi dapat dicapai melalui perjuangan yang disertai motivasi yang kuat, prestasi diri yang dicapai oleh seseorang dalam bidang akademik dapat ditunjukkan melalui ….
a. penampilan               b. permainan olah raga  c. nilai raport                 d. kerapian
3.     Prestasi tinggi tidak turun dari langit atau pemberian orang lain. Prestasi tinggi hanya bisa diperoleh melalui usaha sendiri. Upaya untuk mencapai prestasi dapat dilakukan dengan sikap ….
a. berkecil hati dan rendah diri                            c. selalu giat dan tekun berlatih
b. tidak sadar akan potensi yang dimilikinya       d. merasa takut menghadapi kegagalan


                                                                                                 
4.     Untuk menghasilkan prestasi yang memuaskan kita harus mengenal potensi diri, mana kelebihan yang harus dikembangkan dan mana kelemahan yang harus dibenahi, yang tidak termasuk potensi diri manusia adalah ….
a. potensi fisik                                                  c. potensi sosial emosional
b. potensi ketahan malangan                             d. potensi ekonomi
5.     Upaya mencapai prestasi dapat dilakukan dengan cara-cara kreatif dan inovatif, tanggung jawab, bekerja keras dan memanfaatkan sumber daya. Cara-cara di bawah ini yang bukan termasuk cara untuk meraih prestasi adalah ….
a. temukan potensi diri                                      c. malu bertanya
b. pantang menyerah                                         d. berani mandiri
6.     Potensi diri adalah kemampuan yang terpendam pada diri setiap orang, potensi diri yang positif adalah ….
a. berhati-hati    b. mudah diadu domba c. emosional                 d. kurang motivasi
7.     Potensi yang dimiliki oleh Gita Gutawa, kelompok paduan suara dari sekolah Pelita Harapan Bukit Sentul, Bogor dalam berbagai kompetisi paduan suara tingkat Internasional dapat menunjukkan keunggulan bangsa Indonesia dalam bidang ….
a. tehnologi                   b. seni                          c. olah raga                   d. Ilmu Pengetahuan
8.     Perhatikan tabel di bawah ini  !
I. Tidak mampu mengatur diri dan lingkungan      II. Mempunyai prasangka buruk
    Sistem pendidikan yang dianut                                       Berani mengambil risiko
    Tekanan dari pihak luar                                                   Mampu mengatur diri
    Lingkungan pergaulan yang tidak sehat                           Memiliki perencanaan yang jelas
III. Tidak terbuka dan berfikir konvensional                      IV. Kurang berani mengambil risiko
      Mempunyai prasangka buruk                                         Mempunyai prasangka buruk
      Lingkungan pergaulan yang tidak sehat                          Berpikiran konvensional
                  Tidak mampu mengatur lingkungan                    Tidak mampu mengatur diri
Faktor yang menghambat pengembangan potensi diri yang berasal dari dalam ditunjukkan pada nomor ….
a. I                          b. II                                           c. III                              d. IV
9.     Prestasi seringkali dihubungkan dengan kata keberhasilan. Hasil dari suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar, terencana dan terorganisasir dengan baik dan menghasilkan perubahan, pemahaman, sikap, perilaku individu serta berlaku dalam waktu yang relatif lama, yang terjadi karena usaha dan melalui proses belajar adalah pengertian ….
a. prestasi belajar                                              c. prestasi sekolah
b. prestasi akademik                                         d. prestasi
10.  Prestasi seseorang dalam suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor. Menurut Indarafacrudi dan woeryo faktor yang mempengaruhi prestasi seseorang dapat digolongkan menjadi 2 yaitu ….
a. faktor Indogen dan faktor eksogen                 c. faktor dari dalam dan dari luar
b. faktor Internal dan faktor eksternal                 d. faktor manusia dan faktor non manusia
11.  Perhatikan tabel di bawah ini !
I. – Minat                                                                       II. – Kelelahan
    - Motivasi                                                                       - Intelegensi
    - Sikap                                                                           - Suasana hati
    - Bakat                                                                           - Emosi

III. – Udara                                                                    IV. – Usia Kematangan
       - Peristiwa                                                                   - Kesehatan Individu
       - Uang                                                                          - Minat
       - Sarana dan prasarana                                                  - Kebiasaan
Faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi seseorang ditunjukkan pada nomor ….
a. I                                b. II                                           c. III                              d. IV    
12.   Untuk bisa memiliki prestasi diri yang terbaik haruslah dilakukan dengan mengurangi kebiasaan ngerumpi, mengurangi jalan-jalan ke Mall, mengurangi waktu nonton TV, mengurangi tidur. Hal ini adalah konsekuensi diri dari ….
a. percaya diri               b. sistematis                             c. bekerja keras             d. disiplin
13.  Disiplin adalah kunci sukses untuk berprestasi harus berdisiplin. Disiplin dalam belajar, disiplin berlatih, disiplin waktu untuk beribadah. Belajar. Berlatih dan bekerja. Disiplin yang memperkuat prestasi seseorang berasal dari ….
a. disiplin diri                b. disiplin lingkungan                 c. disiplin sosial            d. disiplin keuangan
14.  Berprestasi bukan semata kepentingan pribadi tetapi demi kepentingan yang lebih luas lagi untuk kepentingan nusa dan bangsa dan negara. Hebatnya seseorang berprestasi harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Yang bukan peran serta masyarakat dalam suatu prestasi yang dicapai seseorang adalah ….
a. memberikan bea siswa                                   c. memberikan biaya penelitian
b. memberikan hadiah                                       d. memberikan motivasi
15.  I. 1. Kreatif dan inovatif                         II. 1. Kreatif dan inovatif
         2. Tanggung jawab                                              2. Memiliki rasa ingin tahu
         3. Bekerja keras                                                  3. Tanggung jawab
         4. Memanfaatkan sumber daya                            4. Bekerja sendiri
       III. 1. Tanggung jawab                                       IV. 1. bekerja keras
             2. Terbuka                                                        2. penuh pengertian
             3. Memanfaatkan sumber daya                                     3. Kreativitas tinggi
             4. Inovatif                                                                    4. Profesional, efektif dan efisien
Cara-cara untuk mencapai prestasi menurut Sujiyanto ditunjukkan pada nomor …
a. I                                b. II                               c. III                              d. IV                
16.  Orang-orang yang menyukai tugas menantang, tanggung jawab secara pribadi dan terbuka untuk umpan balik guna memperbaiki prestasi inovatif dan kreatif, jika dikaitkan dengan teori Maslow termasuk kebutuhan ….
a. fisiologis dasar                                             c. dicintai dan dsiayangi
b. rasa aman                                                     d. aktualisasi diri
17.  Seseorang yang bertanggung jawab akan dapat berprestasi dengan baik karena dia telah menyelesaikan kewajibannya dengan baik sesuai yang telah disepakati sebelumnya. Tanggung jawab yang tertinggi kepada ….
a. diri sendiri                                                     c. Tuhan Yang Maha Esa
b. masyarakat                                                   d. Bangsa dan Negara
18.  Upaya berprestasi dengan cara memperbarui atau menyempurnakan metode, sistem atau strategi yang ada menjadi lebih sesuai ata relevan dengan perkembangan jaman dinamakan ….
a. kreatif dan inovatif                                         c. kreativitas
b. dinamis dan progresif                                                d. keterbukaan
19.  Kegagalan remaja dalam menguasai ketrampilan sosial akan menyebabkan dia sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan rasa rendah diri, dikucilkan dari pergaulan, cenderung berperilaku yang kurang normatif. Kenakalan remaja, tindakan kriminal, tindakan kekerasan dan sejenisnya. Keadaan ini dinamakan ….
a. depresi                                                         c. prestasi diri negatif
            b. gangguan kejiwaan                                        d. prestasi diri positif
20.  Menang tanpa tanding, kalah tanpa ngasorake adalah pepatah Jawa yang berarti menang tanpa mengalahkan, mengalahkan tanpa merendahkan dan menyerang tanpa menyakiti adalah gelar bagi seorang ….
a. bangsawan                            b. ksatria                      c. bijaksana                  d. pemimpin
21.  Faktor-faktor yang mampu mendukung proses pemberdayaan dan pengembangan potensi diri adalah ….
a. motivasi, kreativitas dan peluang       
b. motivasi, mentalitas, dan semangat kerja       
c. motivasi, relevansi, dan ketersediaan prasarana dan sarana
d. motivasi, kreativitas dan dukungan dari orang-orang di sekitar kita
22.  Keunggulan suatu bangsa atau negara sangat ditentukan oleh keunggulan dan prestasi dari tiap-tiap warganya artinya ….
a.     prestasi diri dari setiap warga negara sangat mendukung keunggulan bangsa
b.    prestasi diri dari setiap warga negara tidak mendukung keunggulan bangsa
c.     prestasi diri dari setiap warga negara bermanfaat bagi diri sendiri
d.    prestasi diri dari setiap warga negara bermanfaat bagi masyarakat
23.  Keunggulan suatu bangsa ditandai dengan adanya penguasaan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi yang canggih sehingga mampu bersaing secara global dan tidak mudah dikendalikan bangsa lain. Ilmu Pengetahuan dan tehnologi yang harus dikuasai adalah ….
a.   tehnologi informasi, komunikasi serta sains              c. jaringan internet
a.     media massa                                                          d. tehnologi tepat guna
24.  Manusia yang unggul adalah manusia yang berprestasi. Manusia yang berprestasi dalam era globalisasi saat ini adalah ….
a.     manusia yang mampu mengembangkan potensinya
b.    manusia yang berbakat
c.     manusia yang memiliki minat dan motivasi
d.    manusia yang memiliki kecerdasan
25.  Negara Jepang mampu menjadi raksasa ekonomi dunia karena Jepang mampu memanfaatkan peluang utama yang dimiliki. Salah satu peluang utama untuk menjadi bangsa yang berprestasi adalah ….
a. sumber daya manusia yang banyak                   c. sumber daya alam yang melimpah
b. sumber daya manusia yang berkualitas             d. sumber daya manusia dan sumber daya alam
26.  Sebagai generasi muda kader penerus bangsa kita harus mampu menunjukkan daya saing yang tinggi dengan cara ….
a. merebut peluang dengan berbagai rekayasa
b. menghalangi oran lain untuk berprestasi        
c. mencontoh perilaku dan prestasi bangsa lain
d. mengembangkan bakat dan melatih diri
27.  Siswa yang berkeinginan untuk berprestasi berarti sudah mulai memikirkan masa depan. Yang bukan  cara-cara siswa untuk memperoleh prestasi belajar tinggi adalah ….
a. belajar dengan giat dan tekun                         c. rajin menyontek ketika menjawab soal
b banyak membaca buku pelajaran                    d. rajin bertanya bila menemui kesulitan
28.  Bentuk penghargaan terhadap prestasi seseorang bisa berupa piagam, piala, medali atau berupa uang pembinaan. Bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya yang paling bermakna adalah ….
a. pengakuan itu sendiri                                     c. ucapan selamat
b. penghormatan                                               d. perhatian
29.  Upaya mengembangkan potensi diri guna meraih prestasi kadang kala mengalami hambatan dan rintangan. Untuk menyingkirkan hambatan dan rintangan tersebut diperlukan….
a.     kerja keras, motivasi, doa, dan kemauan yang keras
b.    kedisiplinan dan semangat yang tinggi
c.     kerja keras, dan kedisiplinan
d.    kemampuan yang keras, berani, mengambil risiko
30.  Puncak dari pemberdayaan dan pengembangan motivasi, minat, bakat, potensi serta pemanfaatan peluang yang dilakukan secara konsisten adalah upaya untuk meraih ….
a. prestise diri               b. prestasi diri               c. potensi diri                d. percaya diri
31.  Prestasi diri memiliki peran yang sangat penting bagi keunggulan bangsa. Apabila bangsa Indonesia memiliki keunggulan dibanding bangsa lain akan menjadikan bangsa Indonesia ….
a.     selalu mendapat bantuan dari lembaga-lembaga internasional
b.    dihormati negara tetangga yang belum memiliki keunggulan
c.     diperhatikan oleh negara-negara industri maju
d.    dihargai, dihormati, dan disegani bangsa lain.
32.  Sebagai seorang pelajar yang masih panjang jalannya untuk meraih sukses masa depan sangat mutlak untuk ikut aktif dalam organisasi yang sesuai. Kegiatan siswa yang berkaitan dengan bidang pengembangan wirausaha adalah ….
a. basket, bela diri, renang, atletik, tenis             c. warung, kantin, koperasi
b. penelitian, seminar, karya tulis                        d. multimedia, periklanan, internet
33.  Diantara faktor keberhasilan seseorang dapat meraih prestasi secara maksimal yaitu …..
a. mampu menemukan potensi yang dimiliki                   c. menemukan kelemahan orang lain
b. mampu mengetahui kelebihan orang lain                     d. bekerja keras dan diiringi doa
34.  Pada dasarnya setiap manusia memiliki peluang untuk berprestasi.  Cara berprestasi  di bidang politik dapat dilakukan dengan ….
a. mengikuti lomba pidato                                             c. kerja bakti di desa
b. memberikan suara dalam pemilu                                d. aktif di karang taruna
35.  Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki kreatifitas tinggi dalam berbagai bidang. Kreatifitas tidak hanya penting untuk memberikan kepuasan kepada individu tetapi juga merupakan sesuatu yang memungkinkan manusia meningkatkan ….
a. kualitas hidupnya                                                       c. kuantitas hidupnya
b. motivasi hidupnya                                                     d. tujuan hidupnya
36.  Dalam dunia nyanyi, bangsa Indonesiapun dikenal memiliki prestasi di tingkat dunia. Salah satu prestasi itu telah ditorehkan Gita Gutawa. Ia memenangkan Grand prize pada acara 6 Th International Nile Song Festival di Kairo, mesir. Dalam acara yang digelar pada tanggal 29 januari – 3 Februari 2008 itu. Gita Gutawa membawakan lagu To Be One, Karya Budi Bachtiar dan Ria Leimena. Lagu To Be One yang berlirik bahasa Inggris ini mengisahkan tentang perdamaian dunia. Penampilan Gita Gutawa mendapat sambutan meriah dari penonton dan juri yang menyaksikannya. Gita Gutawa mengikuti festival ini setelah lolos seleksi dengan penyanyi muda berbakat dari 85 negara. Ketika acara tersebut berlangsung total penyanyi yang ikut serta ada 35 orang dari 18 negara seperti Australia, Kanada, Potugis, philipina, Cina, Polandia, dan lainnya. Sebagai pemenang Grand prize Gita Gutawa menerima hadiah langsung dari istri Presiden Mesir Suzane Mubarak. Berdasarkan ilustrasi diatas Gita Gutawa berhasil menjadi pemenang Grand Prize di Kairo, Mesir. Karena Gita Gutawa berhasil mengembangkan bakat bawaan….
a. spasial                      b. musikal                     c. interpersonal             d. into personal
37.  Berdasarkan ilustrasi pada 92 Gita Gutawa berprestasi pada aspek ….
a. politik                       b. ekonomi                   c. pendidikan                            d. sosial budaya
38.  Kekuatan fisik sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Kekurangan dalam struktur tubuh bukan menjadi penghalang seseorang berprestasi, karena kelengkapan struktur tubuhpun tidak menjamin seseorang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.
Perhatikan gambar di samping !









Berdasarkan ilustrasi gambar di atas faktor penentu kesuksesan seseorang adalah ….
a. potensi fisik                                                              c. potensi ketahan malangan
b. potensi mental intelektual                                           d. potensi mental spritual
39.   Prestasi dapat dicapai melalui belajar. Kegiatan belajar disebut pembelajaran. Pembelajaran berlangsung seumur hidup karena itu kita harus berusaha menjadi ….
a. agen pembelajar                                                        c. pelajar
b. tenaga pembelajaran                                     d. pembelajar sejati
40.  Kecerdasan tubuh, kecerdasan akal dan kecerdasan emosi manusia bersumber dari dan diarahkan oleh kecerdasan jiwa atau spiritual yang wujudnya adalah nurani. Pada hakekatnya sumber kecerdasan adalah ….
a. diri sendiri                                                                 c. potensi diri
b. Tuhan Yang Maha Esa                                               d. kelebihan yang dimiliki manusia
41.  I. 1. Memiliki gambaran ideal masa depan                       II. 1. Realistik
          2. Berpikir jauh ke depan                                                2. Terfokus atau terarah
          3. Mengantisipasi masa depan                                        3. Otonom atau mandiri
          4. Pemikir strategis                                                         4. Konsisten
      III. 1. Optimis                                                                 IV. 1. Antusias
            2. Sinergis                                                                    2. Bijaksana atau arif
            3. Berani                                                                       3. Terpercaya
            4. Berpengaruh                                                              4. Bermoral
Perwujudan tertinggi dari kemampuan atau kecerdasan bawaan adalah visi, disiplin, gairah dan nurani atau suara hati. Ciri-ciri orang yang bernurani sebagai perwujudan kecerdasan spiritual ditunjukkan pada nomor ….          
            a. I                                            b. II                               c. III                              d. IV    
42.  Tuhan telah memberikan modal dasar bagi setiap manusia untuk berprestasi dalam berbagai bidang kehidupan. Yang tidak termasuk alasan manusia harus berprestasi adalah ….
a.     dapat mempertahankan hidup dan kehidupannya
b.    dapat memberikan makna atau manfaat pada orang lain, bangsa dan negara
c.     dapat memberikan kepuasan batin kepada diri sendiri
d.    dapat piagam, medali, dan penghargaan dari pemerintah
43.  Prestasi merupakan perwujudan dari bakat dan kemampuan. Prestasi yang sangat menonjol dalam salah satu bidang mencerminkan bakat yang unggul dalam bidang tersebut. Hal ini dikemukakan oleh  ….
a. Koentjaraningrat                                            c. SC Utami Munandar
b. Roeslan Abdul Gani                                       d. Aristoteles
44.  Bangsa yang unggul adalah bangsa yang maju, sejahtera dan kaya. Di bawah ini merupakan prasarat untuk menjadi bangsa / negara yang maju, sejahtera dan kaya yaitu ….
a.     berdisiplin tinggi dan menghargai waktu      
b.    berdisiplin tinggi, bertanggung jawab, menghargai waktu, menghargai HAM
c.     berdisiplin tinggi, menghargai waktu, bertanggung jawab
d.    berdisiplin tinggi, menghargai waktu, dan menghargai HAM
45.  Berkaitan dengan hubungan sosial, untuk membantu memberikan peluang bagi perkembangan prestasi, seorang guru hendaknya ….
a.     suka dan pandai bergaul dengan anak berbakat serta memahami kesulitan anak tersebut
b.    bersikap ingin tahu
c.     mempunyai sikap teleransi
d.    mempunyai kreativitas tinggi
46.  Tujuan untuk mengembangkan prestasi senantiasa ada pada setiap saat, terutama dengan mengembangkan potensi melalui pendidikan dan latihan secara terus menerus. Sikap positif terhadap setiap peluang berprestasi dapat diwujudkan dengan ….
a. mengikuti kursus-kursus pengembangan bakat           c. berpikir kritis
b. menekuni hobi yang negatif                                       d. berkompetisi secara sehat
47.  Kemampuan memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri adalah bakat bawaan yang dimiliki manusia dalam hal ….
a. linguistik                   b. kinestetis jasmani                  c. intrapersonal d. interpersonal
48.  Chris John menjadi juara tinju dunia. Keberhasilan yang diraihnya dari suatu usaha dan sesuai dengan tujuan awal melakukan usaha tersebut dinamakan ….
a. potensi diri                b. prestise                                c. prestasi                     d. kreativitas
49.  Mempunyai  kemampuan dalam pergerakan badan menggunakan tubuh sebagai alat ekspresi diri, latihan jasmani dan mampu membuat gerak secara terlatih termasuk jenis kecerdasan ….
a. intra personal                        b. kinestetik                  c. inter personal                        d. berbahasa
50.  Prestasi diri dapat diasah dan dikembangkan melalui pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan formal bisa kalian lakukan di sekolah sedangkan non formal bisa dilakukan dengan mengikuti kegiatan di luar sekolah. Yang dimaksud dengan prestasi diri adalah ….
a.     kemampuan atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia melakukan kegiatan dalam kurun waktu tertentu
b.    kemampuan atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia kegiatan dalam kurun waktu satu minggu
c.     kemampuan atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia kegiatan dalam kurun waktu satu bulan
d.    kemampuan atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia kegiatan dalam kurun waktu satu tahun
51.  Bentuk prestasi antara orang yang satu dengan orang yang lain berbeda-beda bergantung pada potensi minat dan bakat yang dimiliki seseorang. Kesuksesan yang diraih Susi Susanti dalam bidang olah raga bulu tangkis merupakan ….
a. prestise                     b. prestasi                    c. potensi                     d. potensi dasar
52.  Pada dasarnya setiap manusia dilahirkan dengan memiliki potensi dasar mental untuk selalu ….
a. berkembang dan dikembangkan                     c. menguasai pemikiran manusia
b. mengalahkan potensi fisik                             d. menyelesaikan masalah apapun
53.  Di bawah ini yang tidak termasuk macam-macam kecerdasan manusia menurut Prof. Howard Gardner adalah ….
a. kecerdasan linguistik                                     c. kecerdasan spiritual
b. kecerdasan matematis logis                           d. kecerdasan spasial
54.  Kemampuan menciptakan dan mengapresiasi irama, pola, titik nada dan warna nada, apresiasi bentuk-bentuk ekspresi musikal adalah bakat yang dimiliki seseorang dalam hal ….
a. musikal                     b. linguistik                   c. naturalis                    d. matematis logis
55.  Sensitif terhadap orang lain, empati, cakap dalam beradaptasi, memahami perasaan orang lain, supel dalam bergaul, pandai mengambil hati merupakan ciri dari ….
a. kecerdasan linguistik                                     c. kecerdasan interpersonal
b. kecerdasan matematis logis                           d. kecerdasan intra personal
56.  Individu yang sadar akan kelemahan dirinya memiliki kebutuhan untuk berkarya yang tinggi, memiliki motivasi atau keinginan yang kuat untuk…..
a. terus belajar                                                  c. menyelesaikan masalah
b. menghindari kesalahan                                  d. mencari pengalaman
57.  Peran serta aktif untuk berprestasi harus dilakukan ….
a.     sesuai dengan kemampuan kita melalui usaha yang maksimal
b.    sesuai kemampuan kita
c.     walaupun tidak sesuai dengan harapan kita dan masyarakat
d.    secara teratur
58.  Manusia pada dasarnya mempunyai potensi fisik dan potensi mental yang dapat berkembang dan dikembangkan. Yang termasuk potensi mental adalah ….
a. ingin membuktikan                 b. ingin tahu                  c. minat                        d. penghargaan
59.  Keberhasilan yang diraih dari suatu usaha atau kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan tersebut dinamakan ….
a. potensi diri                            b. prestise                    c. prestasi                     d. kreativitas
60.  Manusia pada dasarnya mempunyai potensi fisik dan mental yang dapat berkembang dan dikembangkan. Salah satu potensi mental yang dimiliki manusia adalah sense of curiocity artinya ….
a. rasa ingin tahu                                                           c. ingin menyelediki
b. ingin membuktikan                                                    d. menemukan sendiri
61.  Aturan hukum yang menyatakan setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia adalah ….
a. UUD’ 45 pasal 28                                                       c. UUD’ 45 pasal 30 ayat 1
b. UUD’ 45 pasal 28 C ayat 1                                         d. UUD’45 pasal 31 ayat 1
62.  Yang bukan faktor-faktor pendorong timbulnya inovasi adalah ….
a.     adanya individu-individu dalam masyarakat yang kreatif
b.    hilangnya kesadaran masyarakat akan kekurangan atau kelemahan pada unsur kebudayaan yang mereka anut
c.     kesiapan pengetahuan dan keterampilan
d.    adanya sistem penghargaan dalam masyarakat bagi mereka yang kreatif dan berprestasi
63.  Potensi mental adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh mata, namun hasilnya dapat dilihat dan dirasakan berupa hasil karya atau akibat yang ditimbulkannya. Salah satu potensi mental yang dimiliki manusia adalah sense of inquiri artinya ….
a. rasa ingin tahu                                               c. ingin menyelidiki
b. ingin membuktikan                                        d. ingin menemukan sendiri
64.  Potensi yang terdapat pada manusia atau bangsa diantaranya potensi fisik dan potensi mental. Salah satu potensi mental yang dimiliki manusia adalah sense of discovery artinya ….
a. rasa ingin tahu                                               c. ingin menyelidiki
b. ingin membuktikan                                        d. ingin menemukan sendiri
65.  Untuk meraih prestasi manusia wajib menyesuaikan dengan tingkat kemampuannya. Karena mewujudkan prestasi tanpa kemampuan pada akhirnya akan membawa kegagalan yang berujung pada rasa ….
a. bangga                     b. optimis            c. ingin tahu               d. stress, depresi dan frustasi
66.  Potensi merupakan suatu daya yang dimiliki oleh manusia, tetapi daya tersebut masih terpendam dalam diri yang bersangkutan. Istilah potensi memiliki arti yang hampir sama dengan ….
a. kemampuan, kekuatan dan kemenangan               c. kemampuan, kekuatan dan kesanggupan
b. kekuatan, kesanggupan dan kemenangan             d. kekuatan, kesanggupan dan keberhasilan
67.  Prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan. Prestasi merupakan hasil usaha yang ….
a. selalu identik dengan hasil baik                      c. tidak selamanya identik dengan hasil baik
b. pada umumnya memperoleh hasil baik           d. melebihi hasil usaha orang lain
68.  Motivasi adalah dorongan baik yang berasal dari dalam diri seseorang maupun yang berasal dari luar diri seseorang. Adanya motivasi akan mempercepat tercapainya tujuan untuk berprestasi. Ciri-ciri orang yang memiliki motivasi berprestasi antara lain ….
a. berani mengambil risiko                                 c. tidak pernah bohong dengan teman
b. berani merugikan orang lain               d. tidak perlu memperhatikan orang lain
69.  Hasil perjuangan manusia dalam mengembangkan potensi diri untuk menguasai dan mengembangkan iptek secara canggih adalah pengertian dari ….
a. prestasi diri               b. prestise diri               c. percaya diri               d. potensi diri
70.  Apabila bangsa Indonesia tidak memahami dan tidak menguasai iptek dengan baik adalah ….
a. mampu bersaing dengan negara lain  
b. tidak mengalami ketergantungan yang tinggi pada bangsa lain
c. tingkat kesejahteraan bangsanya lebih baik
d. tidak mampu bersaing dengan bangsa lain     
                          
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        








II. Petunjuk Untuk soal nomor 71 sampai dengan nomor 100.
Pilihlah  : a. Jika pernyataan 1, 2, 3 benar
                b. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
                c. Jika pernyataan 2 dan 4 benar
                d. Jika pernyataan 4 benar

71.    Manusia dianugerahi oleh Tuhan dengan macam-macam potensi. Dengan potensi itu manusia memiliki macam-macam macam kecerdasan yaitu ….
1. kecerdasan akal dan mental                           3. kecerdasan jiwa atau spiritual
2. kecerdasan emosi atau perasaan                    4. kecerdasan naturalis
72.    Pada dasarnya setiap manusia dan bangsa memiliki potensi untuk selalu berkembang dan dapat dikembangkan pernyataan yang berkaitan dengan potensi adalah ….
1.       potensi adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata
2.       potensi dapat dilihat dengan mata
3.       potensi merupakan anugerah Tuhan YME
4.       potensi manusia itu sama dihadapan manusia
73.    Bangsa Indonesia sama pintarnya dengan bangsa lain di dunia. Bangsa Indonesia sering jadi juara di pertandingan Ilmu Pengetahuan. Pertandingan Ilmu Pengetahuan itu namanya Olimpiade sains. Prestasi bangsa Indonesia tersebut memiliki peran yang sangat penting yaitu….
1.       meningkatkan taraf hidup bangsa dan negara                      
2.       memperkokoh stabilitas nasional, persatuan dan kesatuan bangsa
3.       mengharumkan nama baik bangsa dan negara
4.       memberikan manfaat bagi bangsa dan negara
74.    Orang yang punya potensi disebut juga dengan manusia unggul terlebih jika dia dapat menunjukkan potensinya dengan baik. Ciri-ciri manusia unggul adalah ….
1. memiliki keimanan yang utuh                          3. memiliki akhlak mulia
2. melaksanakan amal ibadah                            4. memiliki tubuh yang sehat
75.    Cara kita untuk memaksimalkan potensi atau kekuatan dan sekaligus meminimalkan pengaruh kelemahan kita menurut Andri Wongso adalah ….
1.       komitmen untuk menghilangkan kelemahan
2.       melakukan usaha yang sungguh-sungguh untuk menghentikan pengaruh kelemahan diri
3.       menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baru yang mendorong mencuatnya potensi kita
4.       membenamkan kelemahan-kelemahan kita
76.    Percaya diri merupakan hal yang penting dan perlu agar dapat berprestasi. Tetapi terlalu percaya diri dapat menjerumuskan manusia pada jurang tanpa batas. Percaya dirilah bahwa anda bisa melakukannya sebaik mungkin, tetapi jangan berlebihan nanti bisa teledor. Ciri-ciri individu yang kurang percaya diri adalah ….
1. mempunyai external locus of control(mudah menyerah pada nasib)                 
2. mudah menerima realiti diri
3. berusaha menunjukkan sikap konformis                     
4. menilai segala sesuatu dari sisi positif
77.    Motivasi adalah dorongan baik yang berasal dari dalam diri seseorang maupun yang berasal dari luar diri seseorang. Motivasi akan mempercepat tercapainya tujuan untuk berprestasi. Karena motivasi adalah ….
1. the energizer of behaviour                                          3. penggerak perilaku
2. need of achievement                                                 4. adaptable
78.    Potensi merupakan salah satu pembeda antara individu yang satu dengan individu yang lain. Tips untuk mengenai potensi diri menurut Hotmain Haro adalah ….
1.       kenali diri sendiri                                                     3. jangan mengadili diri sendiri
2.       tentukan tujuan hidup                                               4. jangan malas
79.    Potensi yang terdapat dalam diri kita hendaknya kita asah dengan sebaik mungkin agar dapat dijadikan modal untuk meraih sukses. Aktivitas positif untuk mengasah potensi yang dimiliki adalah ….
1.       aktif mengikuti audisi, perlombaan atau kompetisi
2.       mengikuti kursus
3.       menanggapi setiap peluang dengan optimis
4.       memanfaatkan sumber daya
80.    Organisasi merupakan wadah dan alat sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang dicita-citakan. Melalui organisasi setiap anggotanya diberi hak dan kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi dirinya. Organisasi yang bisa diikuti untuk mewujudkan prestasi diri adalah ….
1.       organisasi kesenian                                     3. pramuka, OSIS, PMR
2.       klub-klub olah raga                                      4. Geng motor
81.    Dalam pengembangan diri, pengukuran potensi untuk mengetahui sejauh mana potensi kita mampu didayagunakan adalah dengan cara ….
1. muhasabah / introspeksi diri
2. feed back atau umpan balik dari orang lain                
3. melalui psikotes atau tes psikologis secara tertulis
4. mengikuti kompetisi / perlombaan
82.    Sebagai warga negara Indonesia kita berhak untuk tampil dan berperan serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri demi keunggulan bangsa. Ketentuan tersebut terdapat dalam UUD 1945 pasal ….
1. 28                             2. 28 C ayat 1                            3. 28 A              4. 28 C ayat 2   
83.    Tahapan terkahir dalam proses pengembangan diri adalah evaluasi. Evaluasi diperlukan  untuk ….
1.       mengetahui sejauh mana kita telah menemgembangkan potensi
2.       membuat kita sadar, bahwa sebuah prestasi tidak ada yang sempurna
3.       menilai sejauh mana dan sehebat apa prestasi yang telah kita raih
4.       mengetahui biaya yang telah kita keluarkan untuk sebuah prestasi
84.    Hal-hal yang perlu kita jauhi dalam upaya meraih prestasi diri demi keunggulan suatu bangsa adalah menjauhkan diri dari sikap dan perbuatan negatif seperti ….
1. berbuat anarkis                                  3. melanggar norma-norma kehidupan
2. bermalas-malasan                              4. mentaati peraturan yang berlaku dalam kehidupan
85.    Berbagai peristiwa tawuran antar kelompok di daerah adalah akibat dari provokasi dan adu domba. Tawuran pelajar di kota-kota besar terjadi karena provokasi dan adu domba dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Isu yang digunakan untuk memecah belah dan adu domba biasanya bersifat ….
1. etnis                                                             3. status sosial 
2. keyakinan kepercayaan agama                       4. status ekonomi
86.    Perbuatan mencoret-coret seragam dan melakukan arak-arakan oleh para siswa sebagai luapan kebahagiaan ketika dinyatakan lulus ujian merupakan salah satu contoh perbuatan yang menimbulkan potensi negatif. Seharusnya luapan kebahagiaan diungkapkan lebih santun yaitu dengan ….
1.       mengadakan pesta dengan teman-teman sekelas
2.       mengucapkan terima kasih kepada bapak , ibu guru
3.       minum-minuman keras
4.       bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sujud syukur
87.    Berbagai bentuk prestasi dapat dimiliki oleh manusia paling tidak satu diantaranya dimiliki manusia sehingga menjadi identitas dari yang bersangkutan. Contoh orang yang berprestasi dalam bidang politik adalah ….
1.       wakil-wakil rakyat yang duduk dalam DPR / MPR
2.       seseorang yang menjadi pejabat pemerintahan
3.       seseorang yang menjadi pembela rakyat melalui organisasi
4.       seseorang yang menjadi alat negara seperti polisi, jaksa dan hakim, kemasyarakatan
88.    Dalam bidang ekonomi setiap orang mempunyai kesempatan dan jaminan yang sama dalam meraih prestasi. Contoh perwujudan prestasi dalam bidang ekonomi adalah ….
1.       menjadi wiraswasta yang sukses, mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain
2.       menjadi pengusaha sukses yang mampu menyokong program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi rakyat
3.       menjadi duta seni, duta budaya tingkat propinsi, nasional, internasional
4.       menjadi ahli ekonomi yang mampu menduduki posisi penting dalam pemerintahan
89.    Dalam bidang sosial dan budaya setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berprestasi. Prestasi dalam bidang sosial budaya dapat diwujudkan melalui ….
1.       menjadi aparat negara yang mampu menciptakan rasa aman dalam masyarakat
2.       menjadi pengusaha sukses yang mampu menyokong program pemerintah
3.       menjadi wiraswasta yang sukses dan mandiri
4.       menjadi duta seni, duta budaya tingkat propinsi
90.    Prestasi dapat diraih apabila kita mau dan mampu berperan serta secara aktif dalam berbagai aktivitas. Contoh aktivitas-aktivitas yang mampu mendorong terwujudnya prestasi adalah ….
1.       mentaati peraturan yang berlaku
2.       bergabung dalam study club, club olah raga, sanggar tari, dll
3.       menghormati Bapak, Ibu guru
4.       mengasah potensi yang dimiliki dengan mengikuti audisi dan perlombaan
91.    Faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya keberhasilan dalam dunia usaha adalah ….
1.       kemampuan menjalin hubungan baik dengan mitra kerja
2.       kemampuan menjalin hubungan baik dengan teman satu sekolah
3.       kegigihan serta ketahanan menghadapi masa-masa sulit
4.       kemampuan berkompetisi untuk bersaing
92.    Berbagai upaya yang telah dilakukan bangsa Indonesia untuk meraih kemenangan agar sederajat dengan bangsa-bangsa maju di dunia adalah ….
1.       prestasi para pemain bulu tangkis Indonesia yang telah memperoleh berbagai gelar kejuaraan dunia
2.       prestasi para pelajar Indonesia dalam berbagai arena olimpiade sains tingkat Internasional
3.       prestasi bangsa Indonesia menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika I di Bandung
4.       prestasi para pemain sepak bola Indonesia dalam kejuaraan sepak bola dunia
93.    Pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa adalah ….
1.       menjadikan bangsa sejajar dengan bangsa lain dalam pergaulan internasional
2.       menjadikan bangsa selalu diposisikan di bawah negara maju dan kaya
3.       meningkatkan rasa kebanggaan sebagai bangsa yang akan memperkokoh rasa kebangsaan
4.       menjadikan bangsa sulit untuk berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan bangsa lain
94.    Upaya memahami dan mengasah ketrampilan bisa dipertajam dan di dalami dengan melakukan kegiatan ….
1.       melakukan kunjungan ke tempat-tempat wisata
2.       berkonsultasi dengan psikolog atau guru bimbingan konseling
3.       melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah
4.       melakukan tukar menukar pengalaman dengan orang yang telah berprestasi
95.    Dalam negara demokrasi peluang untuk berprestasi sangat besar. Tetapi behasil tidaknya tergantung kepada yang bersangkutan bisa memanfaatkan peluang itu secara maksimal atau tidak. Hal ini sesuai dengan prinsip demokrasi seperti yang dikemukakan Robert Dahl seorang pakar demokrasi antara lain ….
1.       kompetisi, yakni kebebasan bersaing di antara individu, maupun kelompok
2.       menjamin hak sipil dan politik serta HAM yang memungkinkan membantu perkembangan manusia secara total
3.       partisipasi, yakni memungkinkan setiap orang mengambil bagian dalam ikut serta dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara
4.       partisipasi yang tidak menjamin setiap orang mengambil bagian dan ikut serta dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara
96.    Peluang untuk mengembangkan prestasi bisa datang dari luar (eksternal) maupun dari diri sendiri (internal). Terhadap setiap peluang berprestasi seharusnya kita bersikap positif misalnya ….
1. malas, tidak sabar, pesimis                            3. berpikir positif
2. berani mencoba                                             4. memiliki sikap optimis
97.    Semangat berprestasi harus ada pada setiap orang, semangat berprestasi merupakan tuntuan kehidupan itu sendiri, karena dalam kehidupan perlu ada perubahan ke arah yang lebih baik dalam segala bidang kehidupan. Semangat berprestasi itu ada ketika ….
1.       seseorang tidak pernah berhenti untuk berlatih atau bekerja
2.       seseorang selalu berusaha mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada dirimu
3.       seseorang selalu memanfaatkan peluang untuk mengembangkan potensi
4.       seseorang selalu putus asa apabila menemui kegagalan
98.    Dalam pendidikan demokratis guru tidak sekedar profesional tetapi juga harus memiliki kepribadian dan hubungan sosial yang memberikan peluang kepada anak didik untuk berkembang potensinya secara optimal. Kepribadian guru yang dapat membantu siswa untuk berprestasi adalah ….
1.       dapat menyesuaikan diri
2.       suka dan pandai bergaul dengan anak berbakat
3.       mudah bergaul dan mampu memahami dengan cepat tingkah laku orang lain
4.       bersikap terbuka terhadap hal-hal baru
99.     Apabila kita mampu mengembangkan kecerdasan fisik, kecerdasan akal, kecerdasan emosi dan kecerdasan jiwa dengan baik maka akan muncul dalam diri kita ….
1.       otoritas pribadi                                            3. kepercayaan diri
2.       kekutan batin                                              4. individualistis
100.   Akbar,  siswa kelas VII SMP, termasuk anak yang sulit diajar membaca. Dalam hal kemampuan membaca ia tertinggal dibanding dengan teman-temannya. Akan tetapi dalam hal berhitung ia jauh melampaui siswa-siswi lain di kelasnya. Akbar amat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan hitungan. Bila ada materi berhitung yang baru ia dapat dengan mudah menerima dan memahaminya. Ia juga senang berlatih mengerjakan berbagai jenis soal hitungan.
( Piranti; 81 ).
Berdasarkan ilustrasi di atas maka potensi Akbar dapat sepenuhnya berkembang karena ….
1.     adanya satu atau beberapa jenis kegiatan yang amat disukai
2.     adanya keinginan kuat untuk bisa menguasai kemampuan yang disukainya tersebut
3.     adanya dorongan dari teman-temannya untuk menguasai kemampuan tersebut
4.     adanya sikap giat dan tekun berlatih untuk dapat menguasai kemampuan tersebut
























KISI – KISI PENULISAN SOAL


JENIS SEKOLAH                      : SMP                                                                                                                           ALOKASI WAKTU                     :
PROGRAM STUDI                     : =                                                                                                                                JUMLAH SOAL             :
MATA PELAJARAN      : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN                                                  PENYUSUN                              :
KURIKULUM                 : KTSP

NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.1. Menjelaskan pentingnya
       prestasi diri bagi keunggulan
       bangsa




IX



4.1.1. Menjelaskan pengertian
          prestasi diri
·         Pengertian prestasi
·         Menjelaskan pengertian prestasi
P G
67
·         Pengertian prestasi menurut S,C. Utami Munandar
·         Menjelaskan pengertian prestasi menurut S.C. Utami Munandar
P G
43
·         Pengertian prestasi belajar
·         Menjelaskan pengertian prestasi belajar
P G
9
·         Pengertian prestasi diri
·         Menjelaskan pengertian prestasi diri


·         Memberikan contoh prestasi diri negatif
     P G




     PG
50
59
69
19



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.1.2. Menjelaskan bentuk-bentuk            
          prestasi diri
·         Bentuk-bentuk prestasi diri dalam berbagai bidang


IX
·         Memberikan contoh prestasi diri dalam bidang akademik
P G
2
·         Memberikan contoh bentuk berprestasi pada aspek sosial budaya
P G
37
·         Memberikan contoh bentuk prestasi di bidang olah raga
P G
48,51
·         Memberikan contoh bentuk prestasi dalam bidang politik
Asosiasi
P G
87
·         Memberikan contoh bentuk prestasi dalam bidang ekonomi
Asosiasi
P G
88
·         Memberikan contoh bentuk prestasi dalam bidang sosial budaya
Asosiasi
P G
89
·         Memberikan contoh cara berprestasi di bidang politik
P G
34
4.1.3. Menjelaskan faktor-faktor
         yang mempengaruhi prestasi
·         Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi seseorang
IX
·         Menyebutkan 2 faktor yang mempengaruhi prestasi seseorang
P G
10
·         Menyebutkan faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi seseorang
P G
11
·         Menjelaskan faktor intern yang mempercepat tercapainya tujuan berprestasi
Asosiasi
P G
77



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.1.4. Menjelaskan pentingnya             
          prestasi diri
·         Arti penting prestasi diri bagi seseorang
IX
·         Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi seseorang
P G
1
·         Macam-macam kebutuhan menurut Abraham H. Maslow
IX
·         Menjelaskan macam-macam kebutuhan menurut Abraham Maslow
P G
16
·         Memberikan contoh kebutuhan akan aktualisasidiri
P G
28
·         Pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
IX
·         Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
P G


Asosiasi
PG
22, 31, 42, 70, 73, 93
4.1.5. Menjelaskan usaha-usaha
          untuk berprestasi
·         Beberapa cara agar bisa menghasilkan prestasi yang memuaskan
IX
·         Memberikan contoh sikap untuk mencapai prestasi
P G
3, 5, 12, 13, 56
·         Memberikan contoh sikap siswa agar memperoleh prestasi belajar tinggi
P G
27
·         Menjelaskan faktor-faktor keberhasilan seseorang
P G
33
·         Menjelaskan cara memperoleh prestasi melalui belajar
P G
39



               
NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.1.5. Menjelaskan usaha-usaha
          untuk berprestasi

IX
·         Menjelaskan peran serta aktif untuk berprestasi
P G
57
·         Menjelaskan upaya untuk meraih prestasi sesuai kemampuan
P G
65, 30
·         Menjelaskan pentingnya mengembangkan semangat berprestasi
Asosiasi
P G
97
·         Upaya meraih prestasi
IX
·         Menyebutkan upaya meraih prestasi menurut Sujiyanto
P G
15
·         Menjelaskan pengertian kreatif dan inovatif
P G
18
·         Menjelaskan upaya meraih prestasi sesuai dengan kemampuan
P G
65
4.2. Mengenal potensi untuk
       berprestasi sesuai kemampuan





4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
          masing-masing
·         Pengertian potensi
IX
·         Menjelaskan pengertian potensi
P G
Asosiasi
PG

66
 72
·         Menyebutkan ciri-ciri manusia unggul
P G
Asosiasi
PG

24
74
·         Pengertian potensi diri
IX
·         Menjelaskan pengertian potensi diri
P G
52


NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
          masing-masing

·         Macam-macam potensi yang dimiliki manusia

IX
·         Menyebutkan macam-macam potensi
P G
4, 17
·         Menjelaskan potensi yang menjadi faktor penentu kesuksesan seseorang
P G
38
·         Menyebutkan macam-macam potensi mental
P G
58
·         Menjelaskan pengertian Sense of curiocity
P G
60
·         Menjelaskan pengertian Sense of inquiry
P G
63
·         Menjelaskan pengertian Sense of discovery
P G
64
·         Memberikan contoh potensi diri positif
P G
6
·         Memberikan contoh potensi diri negatif
Asosiasi
P G
85, 86
·         Menjelaskan pengertian ksatria
P G
20
·         Menjelaskan ciri-ciri individu yang kurang percaya diri
Asosiasi
P G
76
·         Macam-macam multi bakat bawaan yang dimiliki manusia
      ( Multiple Interligence)
IX
·         Memberikan contoh potensi akhir terbaik bakat musikal
P G
36



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
          masing-masing

·         Macam-macam multi bakat bawaan yang dimiliki manusia
      ( Multiple Interligence)

IX
·         Menjelaskan pengertian bakat bawaan Intrapersonal
P G
47
·         Menjelaskan pengertian bakat bawaan musikal
P G
54
·         Macam-macam kecerdasan manusia
IX
·         Menyebutkan macam-macam kecerdasan manusia
Asosiasi
P G
71
·         Menyebutkan macam-macam kecerdasan menurut Howard Gardner
P G
53
·         Menjelaskan pengertian kecerdasan Kinestetik
P G
49
·         Menjelaskan ciri-ciri kecerdasan Interpersonal
P G
55
·         Menjelaskan sumber kecerdasan manusia
P G
40
·         Menjelaskan ciri-ciri orang yang bernurani
P G
41
·         Menjelaskan pengaruh apabila mampu mengembangkan kecerdasan dengan baik
Asosiasi
P G
99
·         Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri
IX
·         Menyebutkan faktor yang menghambat pengembangan potensi diri
P G
8



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

4.


Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
          masing-masing

·         Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri

IX
·         Menyebutkan faktor-faktor yang mendukung proses pemberdayaan dan pengembangan potensi diri
P G
21
·         Menjelaskan upaya yang dilakukan untuk menyingkirkan hambatan dan rintangan dalam mengembangkan potensi diri
P G
29
·         Menjelaskan faktor-faktor pendorong timbulnya inovasi
P G
62
·         Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki motivasi berprestasi
P G
68
·         Menjelaskan faktor-faktor mempengaruhi tercapainya keberhasilan dalam dunia usaha
Asosiasi
P G
91
4.2.2. Menjelaskan pentingnya
          menggali potensi diri
·         Beberapa tips untuk mengenali potensi diri
IX
·         Menyebutkan tips untuk mengenal potensi diri menurut Hotmain Haro
Asosiasi
P G
78
·         Menjelaskan cara kita memaksimalkan potensi dan meminimalkan pengaruh kelemahan kita
Asosiasi
P G
75,100
·         Menjelaskan cara kita mengadakan pengukuran diri
Asosiasi
P G
81
·         Menjelaskan pentingnya evaluasi dalam proses pengembangan diri
Asosiasi
P G
83



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
4.
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
4.3. Menampilkan peran serta
       dalam berbagai  aktivitas      
       untuk menampilkan prestasi
       diri yang sesuai kemampuan
       demi keunggulan bangsa





4.3.1. Menunjukkan berbagai
          aktivitas untuk mewujudkan
          prestasi diri sesuai kemampuan
          demi keunggulan bangsa
·         Aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri demi keunggulan bangsa
IX
·         Menjelaskan sikap generasi muda agar mampu menunjukkan daya saing tinggi
P G
26
·         Memberikan contoh aktivitas positif untuk mengasah potensi yang dimiliki
Asosiasi
P G
79
·         Memberikan contoh organisasi yang bisa diikuti untuk mewujudkan prestasi diri
Asosiasi
P G
80
·         Memberikan contoh kegiatan siswa yang berkaitan dengan pengembangan wira usaha
P G
32
·         Memberikan contoh aktivitas yang mampu mendorong terwujudnya prestasi
Asosiasi
P G
90
·         Menjelaskan upaya memahami dan megnasah ketrampilan
Asosiasi
P G
94
·         Memberikan contoh sikap positif terhadap peluang berprestasi
P G
Asosiasi
P G
46
96



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
4.
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
4.3.1. Menunjukkan berbagai
          aktivitas untuk mewujudkan
          prestasi diri sesuai kemampuan
          demi keunggulan bangsa
·         Aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri demi keunggulan bangsa
IX
·         Menjelaskan peluang berprestasi dalam negara demokrasi sesuai dengan prinsip demokrasi menurut Robert Dahl
Asosiasi
P G
95
·         Memberikan contoh peran serta masyarakat dalam suatu prestasi yang dicapai seseorang
P G
14
·         Menjelaskan peluang utama untuk menjadi bangsa yang berprestasi
P G
25
·         Prestasi diri dapat menunjang keunggulan bangsa
IX
·         Menjelaskan ladnasan hukum warga negara Indonesia berhak tampil dan berperan serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
P G

Asosiasi
P G

61
82
·         Memberikan contoh keunggulan bangsa Indonesia di bidang seni
P G
7
·         Menjelaskan tanda keunggulan suatu bangsa
P G
23
·         Upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa
IX
·         Menjelaskan masyarakat untuk menjadi bangsa yang maju
P G
44



NO. URUT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
MATERI
KELAS
INDIKATOR
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
4.
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
4.3.1. Menunjukkan berbagai
          aktivitas untuk mewujudkan
          prestasi diri sesuai kemampuan
          demi keunggulan bangsa
·         Upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa
IX
·         Memberikan contoh sikap negatif yang perlu dijauhi dalam upaya meraih prestasi demi keunggulan bangsa
Asosiasi
P G

84
·         Menjelaskan pentingnya kreativitas manusia
P G
35
·         Memberikan contoh hubungan sosial guru dengan siswa yang memberikan peluang bagi perkembangan prestasi
P G
45
·         Memberikan contoh kepribadian guru yang dapat membantu siswa untuk berprestasi
Asosiasi
P G
98
·         Memberikan contoh upaya yang telah dilakukan bangsa Indonesia untuk meraih kemenangan agar sederajat dengan bangsa-bangsa maju di dunia
Asosiasi
P G
92


 
































 
































 


































 


































 



































 

































 


































 


































 


































 


































 


































 

















































 














































































































Akbar,  siswa kelas VII SMP, termasuk anak yang sulit diajar membaca. Dalam hal kemampuan membaca ia tertinggal dibanding dengan teman-temannya. Akan tetapi dalam hal berhitung ia jauh melampaui siswa-siswi lain di kelasnya. Akbar amat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan hitungan. Bila ada materi berhitung yang baru ia dapat dengan mudah menerima dan memahaminya. Ia juga senang berlatih mengerjakan berbagai jenis soal hitungan.
( Piranti; 81 ).
Berdasarkan ilustrasi di atas maka potensi Akbar dapat sepenuhnya berkembang karena ….
1.      adanya satu atau beberapa jenis kegiatan yang amat disukai
2.       adanya keinginan kuat untuk bisa menguasai kemampuan yang disukainya tersebut
3.       adanya dorongan dari teman-temannya untuk menguasai kemampuan tersebut
4.       adanya sikap giat dan tekun berlatih untuk dapat menguasai kemampuan tersebut

 
KARTU SOAL BENTUK PILIHAN GANDA

Jenis Sekolah                                       : S M P                                                                                                            Bahan Kelas / Semester                      : 9 / Genap
Program Studi                                     : -                                                                                                                     Bentuk Tes                                          : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran                                    : Pendidikan Kewarganegaraan                                                                      Tahun Ajaran                                      : 2009 – 2010
Kurikulum                                           : 2006 ( KTSP )                                                                                               Penyusun                                             : Siti Roliyah, S.Pd

Standar Kompetensi Lulusan

4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa



Buku Sumber     : 


Rumusan Butir Soal


No. Soal
100



Kunci
C

Kompetensi Dasar / Hasil Belajar / Indikator






Materi






Indikator Soal







 
k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar