BAHAN UAS KLS 9 SMT GENAP
DIPELAJARI YA......
STANDAR KOMPETENSI
4.
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
KOMPETENSI DASAR
4.1.
Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
4.2.
Mengenal potensi untuk berprestasi sesuai kemampuan
4.3.
Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk menampilkan prestasi
diri yang sesuai
kemampuan demi keunggulan bangsa.
INDIKATOR
4.1.1.
Menjelaskan pengertian prestasi diri
4.1.2.
Menjelaskan bentuk-bentuk prestasi diri
4.1.3.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi
4.1.4.
Menjelaskan pentingnya prestasi diri
4.1.5.
Menjelaskan usaha-usaha untuk berprestasi
4.2.1.
Mengidentifikasi potensi diri masing-masing
4.2.2.
Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri
4.3.1.
Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan
demi
keunggulan bangsa.
I.
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Kita
harus mampu mempertahankan hidup dan kehidupan. Kita harus menjadikan hidup
lebih bermakna. Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, setiap manusia harus
berprestasi. Arti penting prestasi diri bagi seseorang adalah ….
a. Prestasi
selalu menghasilkan keuntungan material bagi seseorang
b. Prestasi
dapat menumbuhkan keinginan untuk selalu mengalahkan orang lain
c. Dengan prestasi yang tinggi, seseorang akan mendapatkan
kesejahteraan lahir dan batin
d. Dengan
prestasi, seseorang akan selalu mendapatkan pujian dari orang lain
2. Setiap
manusia memiliki prestasi sesuai dengan kemampuan masing-masing prestasi dapat
dicapai melalui perjuangan yang disertai motivasi yang kuat, prestasi diri yang
dicapai oleh seseorang dalam bidang akademik dapat ditunjukkan melalui ….
a. penampilan b.
permainan olah raga c. nilai raport d.
kerapian
3. Prestasi
tinggi tidak turun dari langit atau pemberian orang lain. Prestasi tinggi hanya
bisa diperoleh melalui usaha sendiri. Upaya untuk mencapai prestasi dapat
dilakukan dengan sikap ….
a. berkecil hati dan rendah diri c. selalu giat
dan tekun berlatih
b. tidak sadar akan potensi yang dimilikinya d. merasa takut menghadapi kegagalan
4. Untuk
menghasilkan prestasi yang memuaskan kita harus mengenal potensi diri, mana
kelebihan yang harus dikembangkan dan mana kelemahan yang harus dibenahi, yang
tidak termasuk potensi diri manusia adalah ….
a. potensi fisik c.
potensi sosial emosional
b. potensi ketahan malangan d. potensi
ekonomi
5. Upaya
mencapai prestasi dapat dilakukan dengan cara-cara kreatif dan inovatif,
tanggung jawab, bekerja keras dan memanfaatkan sumber daya. Cara-cara di bawah
ini yang bukan termasuk cara untuk meraih prestasi adalah ….
a. temukan potensi diri c. malu
bertanya
b. pantang menyerah d.
berani mandiri
6. Potensi
diri adalah kemampuan yang terpendam pada diri setiap orang, potensi diri yang
positif adalah ….
a. berhati-hati b. mudah diadu domba c. emosional d.
kurang motivasi
7. Potensi
yang dimiliki oleh Gita Gutawa, kelompok paduan suara dari sekolah Pelita
Harapan Bukit Sentul, Bogor dalam berbagai kompetisi paduan suara tingkat
Internasional dapat menunjukkan keunggulan bangsa Indonesia dalam bidang ….
a. tehnologi b. seni c. olah raga d. Ilmu Pengetahuan
8. Perhatikan
tabel di bawah ini !
I. Tidak mampu mengatur diri dan lingkungan II. Mempunyai prasangka buruk
Sistem
pendidikan yang dianut Berani mengambil risiko
Tekanan dari
pihak luar Mampu mengatur diri
Lingkungan
pergaulan yang tidak sehat Memiliki perencanaan yang jelas
III.
Tidak terbuka dan berfikir konvensional IV.
Kurang berani mengambil risiko
Mempunyai
prasangka buruk Mempunyai prasangka buruk
Lingkungan
pergaulan yang tidak sehat Berpikiran konvensional
Tidak mampu mengatur lingkungan Tidak mampu mengatur diri
Faktor yang menghambat pengembangan potensi diri yang
berasal dari dalam ditunjukkan pada nomor ….
a. I b.
II c.
III d. IV
9. Prestasi
seringkali dihubungkan dengan kata keberhasilan. Hasil dari suatu aktivitas
yang dilakukan secara sadar, terencana dan terorganisasir dengan baik dan
menghasilkan perubahan, pemahaman, sikap, perilaku individu serta berlaku dalam
waktu yang relatif lama, yang terjadi karena usaha dan melalui proses belajar
adalah pengertian ….
a. prestasi belajar c.
prestasi sekolah
b. prestasi akademik d.
prestasi
10. Prestasi
seseorang dalam suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor.
Menurut Indarafacrudi dan woeryo faktor yang mempengaruhi prestasi seseorang
dapat digolongkan menjadi 2 yaitu ….
a. faktor Indogen dan faktor eksogen c. faktor dari dalam dan dari luar
b. faktor Internal dan faktor eksternal d. faktor manusia dan faktor
non manusia
11. Perhatikan
tabel di bawah ini !
I. – Minat II.
– Kelelahan
- Motivasi - Intelegensi
- Sikap - Suasana hati
- Bakat - Emosi
III. – Udara IV.
– Usia Kematangan
- Peristiwa - Kesehatan Individu
- Uang - Minat
- Sarana dan
prasarana - Kebiasaan
Faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi seseorang
ditunjukkan pada nomor ….
a. I b. II c.
III d. IV
12. Untuk bisa memiliki prestasi diri yang terbaik
haruslah dilakukan dengan mengurangi kebiasaan ngerumpi, mengurangi jalan-jalan
ke Mall, mengurangi waktu nonton TV, mengurangi tidur. Hal ini adalah
konsekuensi diri dari ….
a. percaya diri b.
sistematis c. bekerja keras d.
disiplin
13. Disiplin
adalah kunci sukses untuk berprestasi harus berdisiplin. Disiplin dalam
belajar, disiplin berlatih, disiplin waktu untuk beribadah. Belajar. Berlatih
dan bekerja. Disiplin yang memperkuat prestasi seseorang berasal dari ….
a. disiplin diri b.
disiplin lingkungan c.
disiplin sosial d. disiplin
keuangan
14. Berprestasi
bukan semata kepentingan pribadi tetapi demi kepentingan yang lebih luas lagi
untuk kepentingan nusa dan bangsa dan negara. Hebatnya seseorang berprestasi
harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Yang bukan peran serta
masyarakat dalam suatu prestasi yang dicapai seseorang adalah ….
a. memberikan bea siswa c.
memberikan biaya penelitian
b. memberikan hadiah d. memberikan motivasi
15. I.
1. Kreatif dan inovatif II.
1. Kreatif dan inovatif
2.
Tanggung jawab 2. Memiliki rasa ingin tahu
3. Bekerja
keras 3. Tanggung jawab
4.
Memanfaatkan sumber daya 4. Bekerja sendiri
III. 1. Tanggung jawab IV. 1.
bekerja keras
2. Terbuka 2. penuh pengertian
3. Memanfaatkan sumber daya 3. Kreativitas tinggi
4. Inovatif 4. Profesional, efektif dan efisien
Cara-cara untuk mencapai prestasi menurut Sujiyanto ditunjukkan
pada nomor …
a. I b. II c. III d. IV
16. Orang-orang
yang menyukai tugas menantang, tanggung jawab secara pribadi dan terbuka untuk
umpan balik guna memperbaiki prestasi inovatif dan kreatif, jika dikaitkan
dengan teori Maslow termasuk kebutuhan ….
a. fisiologis dasar c.
dicintai dan dsiayangi
b. rasa aman d.
aktualisasi diri
17. Seseorang
yang bertanggung jawab akan dapat berprestasi dengan baik karena dia telah
menyelesaikan kewajibannya dengan baik sesuai yang telah disepakati sebelumnya.
Tanggung jawab yang tertinggi kepada ….
a. diri sendiri c. Tuhan Yang Maha Esa
b. masyarakat d.
Bangsa dan Negara
18. Upaya
berprestasi dengan cara memperbarui atau menyempurnakan metode, sistem atau
strategi yang ada menjadi lebih sesuai ata relevan dengan perkembangan jaman
dinamakan ….
a. kreatif dan inovatif c.
kreativitas
b. dinamis dan progresif d.
keterbukaan
19. Kegagalan
remaja dalam menguasai ketrampilan sosial akan menyebabkan dia sulit
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan rasa rendah
diri, dikucilkan dari pergaulan, cenderung berperilaku yang kurang normatif.
Kenakalan remaja, tindakan kriminal, tindakan kekerasan dan sejenisnya. Keadaan
ini dinamakan ….
a. depresi c. prestasi diri negatif
b.
gangguan kejiwaan d.
prestasi diri positif
20. Menang
tanpa tanding, kalah tanpa ngasorake adalah pepatah Jawa yang berarti menang
tanpa mengalahkan, mengalahkan tanpa merendahkan dan menyerang tanpa menyakiti
adalah gelar bagi seorang ….
a. bangsawan b. ksatria c. bijaksana d. pemimpin
21. Faktor-faktor
yang mampu mendukung proses pemberdayaan dan pengembangan potensi diri adalah
….
a. motivasi, kreativitas dan peluang
b. motivasi, mentalitas, dan semangat kerja
c. motivasi, relevansi, dan ketersediaan prasarana dan
sarana
d. motivasi, kreativitas dan dukungan dari orang-orang di
sekitar kita
22. Keunggulan
suatu bangsa atau negara sangat ditentukan oleh keunggulan dan prestasi dari
tiap-tiap warganya artinya ….
a. prestasi diri dari setiap warga negara sangat mendukung keunggulan
bangsa
b. prestasi
diri dari setiap warga negara tidak mendukung keunggulan bangsa
c. prestasi
diri dari setiap warga negara bermanfaat bagi diri sendiri
d. prestasi
diri dari setiap warga negara bermanfaat bagi masyarakat
23. Keunggulan
suatu bangsa ditandai dengan adanya penguasaan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi
yang canggih sehingga mampu bersaing secara global dan tidak mudah dikendalikan
bangsa lain. Ilmu Pengetahuan dan tehnologi yang harus dikuasai adalah ….
a. tehnologi
informasi, komunikasi serta sains c. jaringan internet
a. media
massa d.
tehnologi tepat guna
24. Manusia
yang unggul adalah manusia yang berprestasi. Manusia yang berprestasi dalam era
globalisasi saat ini adalah ….
a. manusia yang mampu mengembangkan potensinya
b. manusia
yang berbakat
c. manusia
yang memiliki minat dan motivasi
d. manusia
yang memiliki kecerdasan
25. Negara
Jepang mampu menjadi raksasa ekonomi dunia karena Jepang mampu memanfaatkan
peluang utama yang dimiliki. Salah satu peluang utama untuk menjadi bangsa yang
berprestasi adalah ….
a. sumber daya manusia yang banyak c. sumber
daya alam yang melimpah
b. sumber daya manusia yang berkualitas
d. sumber daya manusia dan sumber daya alam
26. Sebagai
generasi muda kader penerus bangsa kita harus mampu menunjukkan daya saing yang
tinggi dengan cara ….
a. merebut peluang dengan berbagai rekayasa
b. menghalangi oran lain untuk berprestasi
c. mencontoh perilaku dan prestasi bangsa lain
d. mengembangkan bakat dan melatih diri
27. Siswa
yang berkeinginan untuk berprestasi berarti sudah mulai memikirkan masa depan.
Yang bukan cara-cara siswa untuk memperoleh
prestasi belajar tinggi adalah ….
a. belajar dengan giat dan tekun c. rajin menyontek
ketika menjawab soal
b banyak membaca buku pelajaran d. rajin bertanya bila menemui kesulitan
28. Bentuk
penghargaan terhadap prestasi seseorang bisa berupa piagam, piala, medali atau
berupa uang pembinaan. Bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya yang paling
bermakna adalah ….
a. pengakuan itu sendiri c. ucapan selamat
b. penghormatan d.
perhatian
29. Upaya
mengembangkan potensi diri guna meraih prestasi kadang kala mengalami hambatan
dan rintangan. Untuk menyingkirkan hambatan dan rintangan tersebut diperlukan….
a. kerja keras, motivasi, doa, dan kemauan yang keras
b. kedisiplinan
dan semangat yang tinggi
c. kerja
keras, dan kedisiplinan
d. kemampuan
yang keras, berani, mengambil risiko
30. Puncak
dari pemberdayaan dan pengembangan motivasi, minat, bakat, potensi serta
pemanfaatan peluang yang dilakukan secara konsisten adalah upaya untuk meraih
….
a. prestise diri b. prestasi diri c.
potensi diri d. percaya
diri
31. Prestasi
diri memiliki peran yang sangat penting bagi keunggulan bangsa. Apabila bangsa
Indonesia memiliki keunggulan dibanding bangsa lain akan menjadikan bangsa
Indonesia ….
a. selalu
mendapat bantuan dari lembaga-lembaga internasional
b. dihormati
negara tetangga yang belum memiliki keunggulan
c. diperhatikan
oleh negara-negara industri maju
d. dihargai, dihormati, dan disegani bangsa lain.
32. Sebagai
seorang pelajar yang masih panjang jalannya untuk meraih sukses masa depan sangat
mutlak untuk ikut aktif dalam organisasi yang sesuai. Kegiatan siswa yang
berkaitan dengan bidang pengembangan wirausaha adalah ….
a. basket, bela diri, renang, atletik, tenis c. warung,
kantin, koperasi
b. penelitian, seminar, karya tulis d. multimedia,
periklanan, internet
33. Diantara
faktor keberhasilan seseorang dapat meraih prestasi secara maksimal yaitu …..
a. mampu menemukan potensi yang dimiliki c. menemukan kelemahan orang
lain
b. mampu mengetahui kelebihan orang lain d.
bekerja keras dan diiringi doa
34. Pada
dasarnya setiap manusia memiliki peluang untuk berprestasi. Cara berprestasi di bidang politik dapat dilakukan dengan ….
a. mengikuti lomba pidato c.
kerja bakti di desa
b. memberikan suara dalam pemilu d. aktif di karang taruna
35. Bangsa
yang maju adalah bangsa yang memiliki kreatifitas tinggi dalam berbagai bidang.
Kreatifitas tidak hanya penting untuk memberikan kepuasan kepada individu
tetapi juga merupakan sesuatu yang memungkinkan manusia meningkatkan ….
a. kualitas hidupnya c. kuantitas hidupnya
b. motivasi hidupnya d.
tujuan hidupnya
36. Dalam
dunia nyanyi, bangsa Indonesiapun dikenal memiliki prestasi di tingkat dunia.
Salah satu prestasi itu telah ditorehkan Gita Gutawa. Ia memenangkan Grand
prize pada acara 6 Th International Nile Song Festival di Kairo, mesir. Dalam
acara yang digelar pada tanggal 29 januari – 3 Februari 2008 itu. Gita Gutawa
membawakan lagu To Be One, Karya Budi Bachtiar dan Ria Leimena. Lagu To Be One
yang berlirik bahasa Inggris ini mengisahkan tentang perdamaian dunia.
Penampilan Gita Gutawa mendapat sambutan meriah dari penonton dan juri yang
menyaksikannya. Gita Gutawa mengikuti festival ini setelah lolos seleksi dengan
penyanyi muda berbakat dari 85 negara. Ketika acara tersebut berlangsung total
penyanyi yang ikut serta ada 35 orang dari 18 negara seperti Australia, Kanada,
Potugis, philipina, Cina, Polandia, dan lainnya. Sebagai pemenang Grand prize
Gita Gutawa menerima hadiah langsung dari istri Presiden Mesir Suzane Mubarak.
Berdasarkan ilustrasi diatas Gita Gutawa berhasil menjadi pemenang Grand Prize
di Kairo, Mesir. Karena Gita Gutawa berhasil mengembangkan bakat bawaan….
a. spasial b. musikal c. interpersonal d. into personal
37. Berdasarkan
ilustrasi pada 92 Gita Gutawa berprestasi pada aspek ….
a.
politik b. ekonomi c. pendidikan d. sosial budaya
38. Kekuatan
fisik sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Kekurangan dalam struktur
tubuh bukan menjadi penghalang seseorang berprestasi, karena kelengkapan
struktur tubuhpun tidak menjamin seseorang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.
Perhatikan
gambar di samping !
Berdasarkan ilustrasi gambar di atas faktor penentu
kesuksesan seseorang adalah ….
a. potensi fisik c. potensi ketahan
malangan
b. potensi mental intelektual d. potensi mental spritual
39. Prestasi dapat dicapai melalui belajar.
Kegiatan belajar disebut pembelajaran. Pembelajaran berlangsung seumur hidup
karena itu kita harus berusaha menjadi ….
a. agen pembelajar c.
pelajar
b. tenaga pembelajaran d.
pembelajar sejati
40. Kecerdasan
tubuh, kecerdasan akal dan kecerdasan emosi manusia bersumber dari dan
diarahkan oleh kecerdasan jiwa atau spiritual yang wujudnya adalah nurani. Pada
hakekatnya sumber kecerdasan adalah ….
a. diri sendiri c.
potensi diri
b. Tuhan Yang Maha Esa d.
kelebihan yang dimiliki manusia
41. I.
1. Memiliki gambaran ideal masa depan II.
1. Realistik
2.
Berpikir jauh ke depan 2. Terfokus atau terarah
3. Mengantisipasi masa depan 3. Otonom atau mandiri
4.
Pemikir strategis 4. Konsisten
III. 1.
Optimis IV.
1. Antusias
2. Sinergis 2. Bijaksana atau arif
3. Berani 3. Terpercaya
4. Berpengaruh 4. Bermoral
Perwujudan tertinggi dari kemampuan atau kecerdasan
bawaan adalah visi, disiplin, gairah dan nurani atau suara hati. Ciri-ciri
orang yang bernurani sebagai perwujudan kecerdasan spiritual ditunjukkan pada
nomor ….
a. I b.
II c. III d. IV
42. Tuhan
telah memberikan modal dasar bagi setiap manusia untuk berprestasi dalam
berbagai bidang kehidupan. Yang tidak termasuk alasan manusia harus berprestasi
adalah ….
a. dapat
mempertahankan hidup dan kehidupannya
b. dapat
memberikan makna atau manfaat pada orang lain, bangsa dan negara
c. dapat
memberikan kepuasan batin kepada diri sendiri
d. dapat piagam, medali, dan penghargaan dari pemerintah
43. Prestasi
merupakan perwujudan dari bakat dan kemampuan. Prestasi yang sangat menonjol
dalam salah satu bidang mencerminkan bakat yang unggul dalam bidang tersebut. Hal
ini dikemukakan oleh ….
a. Koentjaraningrat c. SC Utami Munandar
b. Roeslan
Abdul Gani d.
Aristoteles
44. Bangsa
yang unggul adalah bangsa yang maju, sejahtera dan kaya. Di bawah ini merupakan
prasarat untuk menjadi bangsa / negara yang maju, sejahtera dan kaya yaitu ….
a. berdisiplin
tinggi dan menghargai waktu
b. berdisiplin
tinggi, bertanggung jawab, menghargai waktu, menghargai HAM
c. berdisiplin tinggi, menghargai waktu, bertanggung jawab
d. berdisiplin
tinggi, menghargai waktu, dan menghargai HAM
45. Berkaitan
dengan hubungan sosial, untuk membantu memberikan peluang bagi perkembangan
prestasi, seorang guru hendaknya ….
a. suka dan pandai bergaul dengan anak berbakat serta memahami
kesulitan anak tersebut
b. bersikap
ingin tahu
c. mempunyai
sikap teleransi
d. mempunyai
kreativitas tinggi
46. Tujuan
untuk mengembangkan prestasi senantiasa ada pada setiap saat, terutama dengan
mengembangkan potensi melalui pendidikan dan latihan secara terus menerus. Sikap
positif terhadap setiap peluang berprestasi dapat diwujudkan dengan ….
a. mengikuti kursus-kursus pengembangan bakat c. berpikir kritis
b. menekuni hobi yang negatif d.
berkompetisi secara sehat
47. Kemampuan
memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi, pengetahuan tentang
kekuatan dan kelemahan diri adalah bakat bawaan yang dimiliki manusia dalam hal
….
a. linguistik b. kinestetis jasmani c.
intrapersonal d. interpersonal
48. Chris
John menjadi juara tinju dunia. Keberhasilan yang diraihnya dari suatu usaha
dan sesuai dengan tujuan awal melakukan usaha tersebut dinamakan ….
a. potensi diri b.
prestise c. prestasi d.
kreativitas
49. Mempunyai
kemampuan dalam pergerakan badan
menggunakan tubuh sebagai alat ekspresi diri, latihan jasmani dan mampu membuat
gerak secara terlatih termasuk jenis kecerdasan ….
a. intra personal b.
kinestetik c.
inter personal d.
berbahasa
50. Prestasi
diri dapat diasah dan dikembangkan melalui pendidikan formal maupun non formal.
Pendidikan formal bisa kalian lakukan di sekolah sedangkan non formal bisa
dilakukan dengan mengikuti kegiatan di luar sekolah. Yang dimaksud dengan
prestasi diri adalah ….
a. kemampuan atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah
dia melakukan kegiatan dalam kurun waktu tertentu
b. kemampuan
atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia kegiatan dalam
kurun waktu satu minggu
c. kemampuan
atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia kegiatan dalam
kurun waktu satu bulan
d. kemampuan
atau unjuk kerja yang telah dicapai oleh seseorang setelah dia kegiatan dalam
kurun waktu satu tahun
51. Bentuk
prestasi antara orang yang satu dengan orang yang lain berbeda-beda bergantung
pada potensi minat dan bakat yang dimiliki seseorang. Kesuksesan yang diraih
Susi Susanti dalam bidang olah raga bulu tangkis merupakan ….
a. prestise b. prestasi c.
potensi d. potensi
dasar
52. Pada
dasarnya setiap manusia dilahirkan dengan memiliki potensi dasar mental untuk
selalu ….
a. berkembang dan dikembangkan c. menguasai pemikiran
manusia
b. mengalahkan potensi fisik d. menyelesaikan masalah apapun
53. Di
bawah ini yang tidak termasuk macam-macam kecerdasan manusia menurut Prof.
Howard Gardner adalah ….
a. kecerdasan linguistik c. kecerdasan spiritual
b. kecerdasan matematis logis d. kecerdasan spasial
54. Kemampuan
menciptakan dan mengapresiasi irama, pola, titik nada dan warna nada, apresiasi
bentuk-bentuk ekspresi musikal adalah bakat yang dimiliki seseorang dalam hal
….
a. musikal b. linguistik c. naturalis d. matematis logis
55. Sensitif
terhadap orang lain, empati, cakap dalam beradaptasi, memahami perasaan orang
lain, supel dalam bergaul, pandai mengambil hati merupakan ciri dari ….
a. kecerdasan linguistik c. kecerdasan interpersonal
b. kecerdasan matematis logis d. kecerdasan intra personal
56. Individu
yang sadar akan kelemahan dirinya memiliki kebutuhan untuk berkarya yang
tinggi, memiliki motivasi atau keinginan yang kuat untuk…..
a. terus belajar c.
menyelesaikan masalah
b. menghindari kesalahan d.
mencari pengalaman
57. Peran
serta aktif untuk berprestasi harus dilakukan ….
a. sesuai dengan kemampuan kita melalui usaha yang maksimal
b. sesuai
kemampuan kita
c. walaupun
tidak sesuai dengan harapan kita dan masyarakat
d. secara
teratur
58. Manusia
pada dasarnya mempunyai potensi fisik dan potensi mental yang dapat berkembang
dan dikembangkan. Yang termasuk potensi mental adalah ….
a. ingin membuktikan b.
ingin tahu c. minat d.
penghargaan
59. Keberhasilan
yang diraih dari suatu usaha atau kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan apa
yang diharapkan tersebut dinamakan ….
a. potensi diri b.
prestise c. prestasi d.
kreativitas
60. Manusia
pada dasarnya mempunyai potensi fisik dan mental yang dapat berkembang dan
dikembangkan. Salah satu potensi mental yang dimiliki manusia adalah sense of
curiocity artinya ….
a. rasa ingin tahu c.
ingin menyelediki
b. ingin membuktikan d. menemukan sendiri
61. Aturan
hukum yang menyatakan setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan
kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu
pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya
dan demi kesejahteraan umat manusia adalah ….
a. UUD’ 45 pasal 28 c.
UUD’ 45 pasal 30 ayat 1
b. UUD’ 45 pasal 28 C ayat 1 d.
UUD’45 pasal 31 ayat 1
62. Yang
bukan faktor-faktor pendorong timbulnya inovasi adalah ….
a. adanya
individu-individu dalam masyarakat yang kreatif
b. hilangnya kesadaran masyarakat akan kekurangan atau kelemahan pada
unsur kebudayaan yang mereka anut
c. kesiapan
pengetahuan dan keterampilan
d. adanya
sistem penghargaan dalam masyarakat bagi mereka yang kreatif dan berprestasi
63. Potensi
mental adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh mata, namun hasilnya dapat
dilihat dan dirasakan berupa hasil karya atau akibat yang ditimbulkannya. Salah
satu potensi mental yang dimiliki manusia adalah sense of inquiri artinya ….
a. rasa ingin tahu c. ingin menyelidiki
b. ingin membuktikan d.
ingin menemukan sendiri
64. Potensi
yang terdapat pada manusia atau bangsa diantaranya potensi fisik dan potensi
mental. Salah satu potensi mental yang dimiliki manusia adalah sense of
discovery artinya ….
a. rasa ingin tahu c.
ingin menyelidiki
b. ingin membuktikan d. ingin menemukan sendiri
65. Untuk
meraih prestasi manusia wajib menyesuaikan dengan tingkat kemampuannya. Karena
mewujudkan prestasi tanpa kemampuan pada akhirnya akan membawa kegagalan yang
berujung pada rasa ….
a.
bangga b. optimis
c. ingin tahu d. stress, depresi dan frustasi
66. Potensi
merupakan suatu daya yang dimiliki oleh manusia, tetapi daya tersebut masih
terpendam dalam diri yang bersangkutan. Istilah potensi memiliki arti yang hampir
sama dengan ….
a.
kemampuan, kekuatan dan kemenangan c. kemampuan,
kekuatan dan kesanggupan
b. kekuatan, kesanggupan dan kemenangan
d. kekuatan, kesanggupan dan keberhasilan
67. Prestasi
adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan. Prestasi
merupakan hasil usaha yang ….
a. selalu identik dengan hasil baik c.
tidak selamanya identik dengan hasil baik
b. pada umumnya memperoleh hasil baik d. melebihi hasil usaha orang lain
68. Motivasi
adalah dorongan baik yang berasal dari dalam diri seseorang maupun yang berasal
dari luar diri seseorang. Adanya motivasi akan mempercepat tercapainya tujuan
untuk berprestasi. Ciri-ciri orang yang memiliki motivasi berprestasi antara
lain ….
a. berani mengambil risiko c. tidak pernah bohong
dengan teman
b. berani merugikan orang lain d. tidak perlu memperhatikan orang lain
69. Hasil
perjuangan manusia dalam mengembangkan potensi diri untuk menguasai dan
mengembangkan iptek secara canggih adalah pengertian dari ….
a. prestasi diri b.
prestise diri c. percaya
diri d. potensi diri
70. Apabila
bangsa Indonesia tidak memahami dan tidak menguasai iptek dengan baik adalah ….
a. mampu bersaing dengan negara lain
b. tidak mengalami ketergantungan yang tinggi pada bangsa
lain
c. tingkat kesejahteraan bangsanya lebih baik
d. tidak mampu bersaing dengan bangsa lain
II. Petunjuk Untuk
soal nomor 71 sampai dengan nomor 100.
Pilihlah : a.
Jika pernyataan 1, 2, 3 benar
b.
Jika pernyataan 1 dan 3 benar
c.
Jika pernyataan 2 dan 4 benar
d.
Jika pernyataan 4 benar
71. Manusia
dianugerahi oleh Tuhan dengan macam-macam potensi. Dengan potensi itu manusia memiliki
macam-macam macam kecerdasan yaitu ….
1. kecerdasan akal dan mental 3. kecerdasan jiwa
atau spiritual
2. kecerdasan emosi atau perasaan 4. kecerdasan naturalis
72. Pada
dasarnya setiap manusia dan bangsa memiliki potensi untuk selalu berkembang dan
dapat dikembangkan pernyataan yang berkaitan dengan potensi adalah ….
1.
potensi adalah
sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata
2.
potensi dapat dilihat dengan
mata
3.
potensi merupakan
anugerah Tuhan YME
4.
potensi manusia itu sama
dihadapan manusia
73. Bangsa
Indonesia sama pintarnya dengan bangsa lain di dunia. Bangsa Indonesia sering
jadi juara di pertandingan Ilmu Pengetahuan. Pertandingan Ilmu Pengetahuan itu
namanya Olimpiade sains. Prestasi bangsa Indonesia tersebut memiliki peran yang
sangat penting yaitu….
1.
meningkatkan taraf
hidup bangsa dan negara
2.
memperkokoh
stabilitas nasional, persatuan dan kesatuan bangsa
3.
mengharumkan nama
baik bangsa dan negara
4.
memberikan manfaat bagi
bangsa dan negara
74. Orang
yang punya potensi disebut juga dengan manusia unggul terlebih jika dia dapat
menunjukkan potensinya dengan baik. Ciri-ciri manusia unggul adalah ….
1. memiliki keimanan yang utuh 3. memiliki akhlak
mulia
2. melaksanakan amal ibadah 4. memiliki tubuh yang
sehat
75. Cara
kita untuk memaksimalkan potensi atau kekuatan dan sekaligus meminimalkan
pengaruh kelemahan kita menurut Andri Wongso adalah ….
1.
komitmen untuk
menghilangkan kelemahan
2.
melakukan usaha
yang sungguh-sungguh untuk menghentikan pengaruh kelemahan diri
3.
menumbuhkan
kebiasaan-kebiasaan baru yang mendorong mencuatnya potensi kita
4.
membenamkan
kelemahan-kelemahan kita
76. Percaya
diri merupakan hal yang penting dan perlu agar dapat berprestasi. Tetapi
terlalu percaya diri dapat menjerumuskan manusia pada jurang tanpa batas.
Percaya dirilah bahwa anda bisa melakukannya sebaik mungkin, tetapi jangan
berlebihan nanti bisa teledor. Ciri-ciri individu yang kurang percaya diri
adalah ….
1. mempunyai external locus of control(mudah
menyerah pada nasib)
2. mudah menerima realiti diri
3. berusaha menunjukkan sikap konformis
4. menilai segala sesuatu dari sisi positif
77. Motivasi
adalah dorongan baik yang berasal dari dalam diri seseorang maupun yang berasal
dari luar diri seseorang. Motivasi akan mempercepat tercapainya tujuan untuk
berprestasi. Karena motivasi adalah ….
1. the energizer of behaviour 3.
penggerak perilaku
2. need of achievement 4. adaptable
78. Potensi
merupakan salah satu pembeda antara individu yang satu dengan individu yang
lain. Tips untuk mengenai potensi diri menurut Hotmain Haro adalah ….
1.
kenali diri
sendiri 3.
jangan mengadili diri sendiri
2.
tentukan tujuan
hidup 4.
jangan malas
79. Potensi
yang terdapat dalam diri kita hendaknya kita asah dengan sebaik mungkin agar
dapat dijadikan modal untuk meraih sukses. Aktivitas positif untuk mengasah
potensi yang dimiliki adalah ….
1.
aktif mengikuti
audisi, perlombaan atau kompetisi
2.
mengikuti kursus
3.
menanggapi setiap
peluang dengan optimis
4.
memanfaatkan sumber daya
80. Organisasi
merupakan wadah dan alat sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang
dicita-citakan. Melalui organisasi setiap anggotanya diberi hak dan kesempatan
yang sama untuk mengembangkan potensi dirinya. Organisasi yang bisa diikuti
untuk mewujudkan prestasi diri adalah ….
1.
organisasi
kesenian 3.
pramuka, OSIS, PMR
2.
klub-klub olah
raga 4.
Geng motor
81. Dalam
pengembangan diri, pengukuran potensi untuk mengetahui sejauh mana potensi kita
mampu didayagunakan adalah dengan cara ….
1. muhasabah / introspeksi diri
2. feed back atau umpan balik dari orang lain
3. melalui psikotes atau tes psikologis secara
tertulis
4. mengikuti kompetisi / perlombaan
82. Sebagai
warga negara Indonesia kita berhak untuk tampil dan berperan serta dalam
berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri demi keunggulan bangsa.
Ketentuan tersebut terdapat dalam UUD 1945 pasal ….
1. 28 2. 28 C ayat 1 3. 28 A 4. 28 C
ayat 2
83. Tahapan
terkahir dalam proses pengembangan diri adalah evaluasi. Evaluasi
diperlukan untuk ….
1.
mengetahui sejauh
mana kita telah menemgembangkan potensi
2.
membuat kita
sadar, bahwa sebuah prestasi tidak ada yang sempurna
3.
menilai sejauh
mana dan sehebat apa prestasi yang telah kita raih
4.
mengetahui biaya yang telah
kita keluarkan untuk sebuah prestasi
84. Hal-hal
yang perlu kita jauhi dalam upaya meraih prestasi diri demi keunggulan suatu
bangsa adalah menjauhkan diri dari sikap dan perbuatan negatif seperti ….
1. berbuat anarkis 3. melanggar norma-norma kehidupan
2. bermalas-malasan 4. mentaati
peraturan yang berlaku dalam kehidupan
85. Berbagai
peristiwa tawuran antar kelompok di daerah adalah akibat dari provokasi dan adu
domba. Tawuran pelajar di kota-kota besar terjadi karena provokasi dan adu
domba dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Isu yang digunakan untuk memecah
belah dan adu domba biasanya bersifat ….
1. etnis 3.
status sosial
2. keyakinan kepercayaan agama 4. status ekonomi
86. Perbuatan
mencoret-coret seragam dan melakukan arak-arakan oleh para siswa sebagai luapan
kebahagiaan ketika dinyatakan lulus ujian merupakan salah satu contoh perbuatan
yang menimbulkan potensi negatif. Seharusnya luapan kebahagiaan diungkapkan
lebih santun yaitu dengan ….
1.
mengadakan pesta dengan
teman-teman sekelas
2.
mengucapkan terima
kasih kepada bapak , ibu guru
3.
minum-minuman keras
4.
bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa dengan sujud syukur
87. Berbagai
bentuk prestasi dapat dimiliki oleh manusia paling tidak satu diantaranya
dimiliki manusia sehingga menjadi identitas dari yang bersangkutan. Contoh
orang yang berprestasi dalam bidang politik adalah ….
1.
wakil-wakil rakyat
yang duduk dalam DPR / MPR
2.
seseorang yang
menjadi pejabat pemerintahan
3.
seseorang yang
menjadi pembela rakyat melalui organisasi
4.
seseorang yang menjadi alat
negara seperti polisi, jaksa dan hakim, kemasyarakatan
88. Dalam
bidang ekonomi setiap orang mempunyai kesempatan dan jaminan yang sama dalam
meraih prestasi. Contoh perwujudan prestasi dalam bidang ekonomi adalah ….
1.
menjadi wiraswasta yang
sukses, mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain
2.
menjadi pengusaha
sukses yang mampu menyokong program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi
rakyat
3.
menjadi duta seni, duta
budaya tingkat propinsi, nasional, internasional
4.
menjadi ahli
ekonomi yang mampu menduduki posisi penting dalam pemerintahan
89. Dalam
bidang sosial dan budaya setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk
berprestasi. Prestasi dalam bidang sosial budaya dapat diwujudkan melalui ….
1.
menjadi aparat negara yang
mampu menciptakan rasa aman dalam masyarakat
2.
menjadi pengusaha sukses
yang mampu menyokong program pemerintah
3.
menjadi wiraswasta yang
sukses dan mandiri
4.
menjadi duta seni,
duta budaya tingkat propinsi
90. Prestasi
dapat diraih apabila kita mau dan mampu berperan serta secara aktif dalam
berbagai aktivitas. Contoh aktivitas-aktivitas yang mampu mendorong terwujudnya
prestasi adalah ….
1.
mentaati peraturan yang
berlaku
2.
bergabung dalam
study club, club olah raga, sanggar tari, dll
3.
menghormati Bapak, Ibu guru
4.
mengasah potensi
yang dimiliki dengan mengikuti audisi dan perlombaan
91. Faktor-faktor
yang mempengaruhi tercapainya keberhasilan dalam dunia usaha adalah ….
1.
kemampuan menjalin
hubungan baik dengan mitra kerja
2.
kemampuan menjalin hubungan
baik dengan teman satu sekolah
3.
kegigihan serta
ketahanan menghadapi masa-masa sulit
4.
kemampuan berkompetisi untuk
bersaing
92. Berbagai
upaya yang telah dilakukan bangsa Indonesia untuk meraih kemenangan agar sederajat
dengan bangsa-bangsa maju di dunia adalah ….
1.
prestasi para
pemain bulu tangkis Indonesia yang telah memperoleh berbagai gelar kejuaraan
dunia
2.
prestasi para
pelajar Indonesia dalam berbagai arena olimpiade sains tingkat Internasional
3.
prestasi bangsa
Indonesia menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika I di Bandung
4.
prestasi para pemain sepak
bola Indonesia dalam kejuaraan sepak bola dunia
93. Pentingnya
prestasi diri bagi keunggulan bangsa adalah ….
1.
menjadikan bangsa
sejajar dengan bangsa lain dalam pergaulan internasional
2.
menjadikan bangsa selalu
diposisikan di bawah negara maju dan kaya
3.
meningkatkan rasa
kebanggaan sebagai bangsa yang akan memperkokoh rasa kebangsaan
4.
menjadikan bangsa sulit
untuk berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan bangsa lain
94. Upaya
memahami dan mengasah ketrampilan bisa dipertajam dan di dalami dengan
melakukan kegiatan ….
1.
melakukan kunjungan ke
tempat-tempat wisata
2.
berkonsultasi
dengan psikolog atau guru bimbingan konseling
3.
melakukan kunjungan ke
tempat-tempat bersejarah
4.
melakukan tukar
menukar pengalaman dengan orang yang telah berprestasi
95. Dalam
negara demokrasi peluang untuk berprestasi sangat besar. Tetapi behasil
tidaknya tergantung kepada yang bersangkutan bisa memanfaatkan peluang itu
secara maksimal atau tidak. Hal ini sesuai dengan prinsip demokrasi seperti
yang dikemukakan Robert Dahl seorang pakar demokrasi antara lain ….
1.
kompetisi, yakni
kebebasan bersaing di antara individu, maupun kelompok
2.
menjamin hak sipil
dan politik serta HAM yang memungkinkan membantu perkembangan manusia secara
total
3.
partisipasi, yakni
memungkinkan setiap orang mengambil bagian dalam ikut serta dalam pembangunan
masyarakat, bangsa dan negara
4.
partisipasi yang tidak
menjamin setiap orang mengambil bagian dan ikut serta dalam pembangunan
masyarakat, bangsa dan negara
96. Peluang
untuk mengembangkan prestasi bisa datang dari luar (eksternal) maupun dari diri
sendiri (internal). Terhadap setiap peluang berprestasi seharusnya kita
bersikap positif misalnya ….
1. malas, tidak sabar, pesimis 3.
berpikir positif
2. berani mencoba 4. memiliki sikap
optimis
97. Semangat
berprestasi harus ada pada setiap orang, semangat berprestasi merupakan tuntuan
kehidupan itu sendiri, karena dalam kehidupan perlu ada perubahan ke arah yang
lebih baik dalam segala bidang kehidupan. Semangat berprestasi itu ada ketika
….
1.
seseorang tidak
pernah berhenti untuk berlatih atau bekerja
2.
seseorang selalu
berusaha mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada dirimu
3.
seseorang selalu
memanfaatkan peluang untuk mengembangkan potensi
4.
seseorang selalu putus asa
apabila menemui kegagalan
98. Dalam
pendidikan demokratis guru tidak sekedar profesional tetapi juga harus memiliki
kepribadian dan hubungan sosial yang memberikan peluang kepada anak didik untuk
berkembang potensinya secara optimal. Kepribadian guru yang dapat membantu
siswa untuk berprestasi adalah ….
1.
dapat menyesuaikan diri
2.
suka dan pandai bergaul
dengan anak berbakat
3.
mudah bergaul dan mampu
memahami dengan cepat tingkah laku orang lain
4.
bersikap terbuka
terhadap hal-hal baru
99. Apabila kita mampu mengembangkan kecerdasan
fisik, kecerdasan akal, kecerdasan emosi dan kecerdasan jiwa dengan baik maka
akan muncul dalam diri kita ….
1.
otoritas pribadi 3.
kepercayaan diri
2.
kekutan batin 4.
individualistis
100. Akbar, siswa kelas VII SMP, termasuk anak yang sulit
diajar membaca. Dalam hal kemampuan membaca ia tertinggal dibanding dengan
teman-temannya. Akan tetapi dalam hal berhitung ia jauh melampaui siswa-siswi
lain di kelasnya. Akbar amat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan hitungan.
Bila ada materi berhitung yang baru ia dapat dengan mudah menerima dan
memahaminya. Ia juga senang berlatih mengerjakan berbagai jenis soal hitungan.
( Piranti; 81 ).
Berdasarkan ilustrasi di atas maka potensi Akbar dapat
sepenuhnya berkembang karena ….
1. adanya
satu atau beberapa jenis kegiatan yang amat disukai
2. adanya keinginan kuat untuk bisa menguasai kemampuan yang disukainya
tersebut
3. adanya
dorongan dari teman-temannya untuk menguasai kemampuan tersebut
4. adanya sikap giat dan tekun berlatih untuk dapat menguasai kemampuan
tersebut
KISI – KISI PENULISAN
SOAL
JENIS SEKOLAH :
SMP ALOKASI WAKTU :
PROGRAM STUDI :
= JUMLAH SOAL :
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENYUSUN :
KURIKULUM :
KTSP
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.1.
Menjelaskan pentingnya
prestasi diri bagi keunggulan
bangsa
|
|
IX
|
|
|
|
4.1.1. Menjelaskan pengertian
prestasi diri
|
·
Pengertian prestasi
|
·
Menjelaskan pengertian prestasi
|
P G
|
67
|
|||
·
Pengertian prestasi menurut S,C. Utami
Munandar
|
·
Menjelaskan pengertian prestasi menurut
S.C. Utami Munandar
|
P G
|
43
|
||||
·
Pengertian prestasi belajar
|
·
Menjelaskan pengertian prestasi belajar
|
P G
|
9
|
||||
·
Pengertian prestasi diri
|
·
Menjelaskan pengertian prestasi diri
·
Memberikan contoh
prestasi diri negatif
|
P G
PG
|
50
59
69
19
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.1.2. Menjelaskan bentuk-bentuk
prestasi diri
|
·
Bentuk-bentuk prestasi diri dalam berbagai
bidang
|
IX
|
·
Memberikan contoh prestasi diri dalam
bidang akademik
|
P G
|
2
|
·
Memberikan contoh bentuk berprestasi pada
aspek sosial budaya
|
P G
|
37
|
|||||
·
Memberikan contoh bentuk prestasi di bidang
olah raga
|
P G
|
48,51
|
|||||
·
Memberikan contoh bentuk prestasi dalam
bidang politik
|
Asosiasi
P G
|
87
|
|||||
·
Memberikan contoh bentuk prestasi dalam
bidang ekonomi
|
Asosiasi
P G
|
88
|
|||||
·
Memberikan contoh bentuk prestasi dalam
bidang sosial budaya
|
Asosiasi
P G
|
89
|
|||||
·
Memberikan contoh cara berprestasi di
bidang politik
|
P G
|
34
|
|||||
4.1.3. Menjelaskan faktor-faktor
yang
mempengaruhi prestasi
|
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi
seseorang
|
IX
|
·
Menyebutkan 2 faktor yang mempengaruhi
prestasi seseorang
|
P G
|
10
|
||
·
Menyebutkan faktor psikologis yang
mempengaruhi prestasi seseorang
|
P G
|
11
|
|||||
·
Menjelaskan faktor intern yang mempercepat
tercapainya tujuan berprestasi
|
Asosiasi
P G
|
77
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.1.4. Menjelaskan pentingnya
prestasi diri
|
·
Arti penting prestasi diri bagi seseorang
|
IX
|
·
Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi
seseorang
|
P G
|
1
|
·
Macam-macam kebutuhan menurut Abraham H.
Maslow
|
IX
|
·
Menjelaskan macam-macam kebutuhan menurut
Abraham Maslow
|
P G
|
16
|
|||
·
Memberikan contoh kebutuhan akan
aktualisasidiri
|
P G
|
28
|
|||||
·
Pentingnya prestasi diri bagi keunggulan
bangsa
|
IX
|
·
Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi
keunggulan bangsa
|
P G
Asosiasi
PG
|
22,
31, 42, 70, 73, 93
|
|||
4.1.5. Menjelaskan usaha-usaha
untuk
berprestasi
|
·
Beberapa cara agar bisa menghasilkan
prestasi yang memuaskan
|
IX
|
·
Memberikan contoh sikap untuk mencapai
prestasi
|
P G
|
3,
5, 12, 13, 56
|
||
·
Memberikan contoh sikap siswa agar
memperoleh prestasi belajar tinggi
|
P G
|
27
|
|||||
·
Menjelaskan faktor-faktor keberhasilan
seseorang
|
P G
|
33
|
|||||
·
Menjelaskan cara memperoleh prestasi
melalui belajar
|
P G
|
39
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.1.5. Menjelaskan usaha-usaha
untuk
berprestasi
|
|
IX
|
·
Menjelaskan peran serta aktif untuk
berprestasi
|
P G
|
57
|
·
Menjelaskan upaya untuk meraih prestasi
sesuai kemampuan
|
P G
|
65,
30
|
|||||
·
Menjelaskan pentingnya mengembangkan
semangat berprestasi
|
Asosiasi
P G
|
97
|
|||||
·
Upaya meraih prestasi
|
IX
|
·
Menyebutkan upaya meraih prestasi menurut
Sujiyanto
|
P G
|
15
|
|||
·
Menjelaskan pengertian kreatif dan inovatif
|
P G
|
18
|
|||||
·
Menjelaskan upaya meraih prestasi sesuai
dengan kemampuan
|
P G
|
65
|
|||||
4.2.
Mengenal potensi untuk
berprestasi sesuai kemampuan
|
|
|
|
|
|
||
4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
masing-masing
|
·
Pengertian potensi
|
IX
|
·
Menjelaskan pengertian potensi
|
P G
Asosiasi
PG
|
66
72
|
||
·
Menyebutkan ciri-ciri manusia unggul
|
P G
Asosiasi
PG
|
24
74
|
|||||
·
Pengertian potensi diri
|
IX
|
·
Menjelaskan pengertian potensi diri
|
P G
|
52
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
masing-masing
|
·
Macam-macam potensi yang dimiliki manusia
|
IX
|
·
Menyebutkan macam-macam potensi
|
P G
|
4,
17
|
·
Menjelaskan potensi yang menjadi faktor
penentu kesuksesan seseorang
|
P G
|
38
|
|||||
·
Menyebutkan macam-macam potensi mental
|
P G
|
58
|
|||||
·
Menjelaskan pengertian Sense of curiocity
|
P G
|
60
|
|||||
·
Menjelaskan pengertian Sense of inquiry
|
P G
|
63
|
|||||
·
Menjelaskan pengertian Sense of discovery
|
P G
|
64
|
|||||
·
Memberikan contoh potensi diri positif
|
P G
|
6
|
|||||
·
Memberikan contoh potensi diri negatif
|
Asosiasi
P G
|
85,
86
|
|||||
·
Menjelaskan pengertian ksatria
|
P G
|
20
|
|||||
·
Menjelaskan ciri-ciri individu yang kurang
percaya diri
|
Asosiasi
P G
|
76
|
|||||
·
Macam-macam multi bakat bawaan yang
dimiliki manusia
( Multiple Interligence)
|
IX
|
·
Memberikan contoh potensi akhir terbaik
bakat musikal
|
P G
|
36
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
masing-masing
|
·
Macam-macam multi bakat bawaan yang
dimiliki manusia
( Multiple Interligence)
|
IX
|
·
Menjelaskan pengertian bakat bawaan
Intrapersonal
|
P G
|
47
|
·
Menjelaskan pengertian bakat bawaan musikal
|
P G
|
54
|
|||||
·
Macam-macam kecerdasan manusia
|
IX
|
·
Menyebutkan macam-macam kecerdasan manusia
|
Asosiasi
P G
|
71
|
|||
·
Menyebutkan macam-macam kecerdasan menurut
Howard Gardner
|
P G
|
53
|
|||||
·
Menjelaskan pengertian kecerdasan
Kinestetik
|
P G
|
49
|
|||||
·
Menjelaskan ciri-ciri kecerdasan
Interpersonal
|
P G
|
55
|
|||||
·
Menjelaskan sumber kecerdasan manusia
|
P G
|
40
|
|||||
·
Menjelaskan ciri-ciri orang yang bernurani
|
P G
|
41
|
|||||
·
Menjelaskan pengaruh apabila mampu
mengembangkan kecerdasan dengan baik
|
Asosiasi
P G
|
99
|
|||||
·
Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat
pengembangan potensi diri
|
IX
|
·
Menyebutkan faktor yang menghambat
pengembangan potensi diri
|
P G
|
8
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.2.1. Mengidentifikasi potensi diri
masing-masing
|
·
Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat
pengembangan potensi diri
|
IX
|
·
Menyebutkan faktor-faktor yang mendukung
proses pemberdayaan dan pengembangan potensi diri
|
P G
|
21
|
·
Menjelaskan upaya yang dilakukan untuk
menyingkirkan hambatan dan rintangan dalam mengembangkan potensi diri
|
P G
|
29
|
|||||
·
Menjelaskan faktor-faktor pendorong
timbulnya inovasi
|
P G
|
62
|
|||||
·
Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki
motivasi berprestasi
|
P G
|
68
|
|||||
·
Menjelaskan faktor-faktor mempengaruhi
tercapainya keberhasilan dalam dunia usaha
|
Asosiasi
P G
|
91
|
|||||
4.2.2. Menjelaskan pentingnya
menggali potensi diri
|
·
Beberapa tips untuk mengenali potensi diri
|
IX
|
·
Menyebutkan tips untuk mengenal potensi
diri menurut Hotmain Haro
|
Asosiasi
P G
|
78
|
||
·
Menjelaskan cara kita memaksimalkan potensi
dan meminimalkan pengaruh kelemahan kita
|
Asosiasi
P G
|
75,100
|
|||||
·
Menjelaskan cara kita mengadakan pengukuran
diri
|
Asosiasi
P G
|
81
|
|||||
·
Menjelaskan pentingnya evaluasi dalam
proses pengembangan diri
|
Asosiasi
P G
|
83
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.3.
Menampilkan peran serta
dalam berbagai aktivitas
untuk menampilkan prestasi
diri yang sesuai kemampuan
demi keunggulan bangsa
|
|
|
|
|
|
4.3.1. Menunjukkan berbagai
aktivitas untuk mewujudkan
prestasi diri sesuai kemampuan
demi
keunggulan bangsa
|
·
Aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri
demi keunggulan bangsa
|
IX
|
·
Menjelaskan sikap generasi muda agar mampu
menunjukkan daya saing tinggi
|
P G
|
26
|
||
·
Memberikan contoh aktivitas positif untuk
mengasah potensi yang dimiliki
|
Asosiasi
P G
|
79
|
|||||
·
Memberikan contoh organisasi yang bisa
diikuti untuk mewujudkan prestasi diri
|
Asosiasi
P G
|
80
|
|||||
·
Memberikan contoh kegiatan siswa yang
berkaitan dengan pengembangan wira usaha
|
P G
|
32
|
|||||
·
Memberikan contoh aktivitas yang mampu
mendorong terwujudnya prestasi
|
Asosiasi
P G
|
90
|
|||||
·
Menjelaskan upaya memahami dan megnasah
ketrampilan
|
Asosiasi
P G
|
94
|
|||||
·
Memberikan contoh sikap positif terhadap
peluang berprestasi
|
P G
Asosiasi
P G
|
46
96
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.3.1. Menunjukkan berbagai
aktivitas untuk mewujudkan
prestasi diri sesuai kemampuan
demi
keunggulan bangsa
|
·
Aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri
demi keunggulan bangsa
|
IX
|
·
Menjelaskan peluang berprestasi dalam
negara demokrasi sesuai dengan prinsip demokrasi menurut Robert Dahl
|
Asosiasi
P G
|
95
|
·
Memberikan contoh peran serta masyarakat
dalam suatu prestasi yang dicapai seseorang
|
P G
|
14
|
|||||
·
Menjelaskan peluang utama untuk menjadi
bangsa yang berprestasi
|
P G
|
25
|
|||||
·
Prestasi diri dapat menunjang keunggulan
bangsa
|
IX
|
·
Menjelaskan ladnasan hukum warga
negara Indonesia berhak tampil dan berperan serta dalam berbagai aktivitas
untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
P G
Asosiasi
P G
|
61
82
|
|||
·
Memberikan contoh keunggulan bangsa
Indonesia di bidang seni
|
P G
|
7
|
|||||
·
Menjelaskan tanda keunggulan suatu bangsa
|
P G
|
23
|
|||||
·
Upaya agar prestasi dapat menunjang
keunggulan bangsa
|
IX
|
·
Menjelaskan masyarakat untuk menjadi bangsa
yang maju
|
P G
|
44
|
NO. URUT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR / HASIL BELAJAR / INDIKATOR
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.
|
Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
|
4.3.1. Menunjukkan berbagai
aktivitas untuk mewujudkan
prestasi diri sesuai kemampuan
demi
keunggulan bangsa
|
·
Upaya agar prestasi dapat menunjang
keunggulan bangsa
|
IX
|
·
Memberikan contoh sikap negatif yang perlu
dijauhi dalam upaya meraih prestasi demi keunggulan bangsa
|
Asosiasi
P G
|
84
|
·
Menjelaskan pentingnya kreativitas manusia
|
P G
|
35
|
|||||
·
Memberikan contoh hubungan sosial guru
dengan siswa yang memberikan peluang bagi perkembangan prestasi
|
P G
|
45
|
|||||
·
Memberikan contoh kepribadian guru yang
dapat membantu siswa untuk berprestasi
|
Asosiasi
P G
|
98
|
|||||
·
Memberikan contoh upaya yang telah
dilakukan bangsa Indonesia untuk meraih kemenangan agar sederajat dengan
bangsa-bangsa maju di dunia
|
Asosiasi
P G
|
92
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar